Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Bagi penggemar kopi, ternyata banyak manfaat yang bisa didapatkan. Tidak hanya sekadar menjadi minuman penghangat sekaligus pencegah kantuk, kopi memiliki kandungan yang sangat berguna bagi kesehatan.

Tentu, kenikmatan minum kopi semakin bertambah dengan banyaknya varian kopi yang ada sekarang. Tidak hanya kopi hitam dan white coffe tetapi juga kopi susu, kopi cokelat, kopi mocca dan lain sebagainya. Ragam jenis kopi semakin banyak ditemukan ketika mengunjungi kafe atau coffee shop di pusat-pusat perbelanjaan dan mal.

2013-03-23_00-00-49-2013-03-21_19 55 37-Coffee-Bean

Apalagi, minum kopi sekarang tidak hanya sekadar untuk bisa menikmati kopi saja. Selain sosialisasi dengan keluarga, teman dan handai taulan, banyak deal-deal bisnis bernilai miliaran yang terjadi melalui sarana minum kopi bersama.

Nah, bagi orang-orang yang sudah “alergi” terhadap kopi, artikel berikut ini akan menjelaskan manfaat kopi kesehatan. Semoga dengan membaca dan memahaminya, pandangan terhadap kopi akan berubah menjadi lebih baik. Selamat membaca……..

Manfaat kopi bagi tubuh tentunya juga ada. Selama konsumsi kopi tersebut dalam batasan wajar dan tidak berlebihan dalam satu harinya. Bagi para pengemar dan penyuka kopi tentunya menikmati secangkir kopi akan memberikan semangat baru, walaupun hal tersebut kebanyak hanya sebagai sugesti saja. Dan pada kesempatan kali ini kita akan akan belajar bersama mengenai bagaimana kopi bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Sejarah kopi pertama kali ditemukan oleh orang Etiopia sekitar 1000 tahun sebelum masehi atau ada yang mengatakan 800 tahun sebelum masehi. Orang bangsa Etiopia ketika waktu itu mengkonsumsi kopi dengan mencampur lemak dan anggur sebagai supplement protein dan juga energi. Kopi adalah merupakan suatu jenis minuman yang berwarna pekat yang mampu memberikan citra rasa unik dan nikmat bagi para pecandu minum kopi itu sendiri.

Hal ini bisa memberikan efek candu bagi penikmat kopi karena kandungan kafein yang terdapat dalam minuman ini. Kafein adalah merupakan senyawa kimia alkaloid yang lebih dikenal dengan trimetilsantin dengan rumus molekul kimianya adalah C8H10N402. Sedangkan jumlah kadar kafein yan terdapat dalam kopi adalah berkisar antara 1-1,5%. Bila kopi diminum dalam takaran yang pas dan tepat akan memberikan banyak manfaat kopi untuk kesehatan kita sebagai manusia.

Khasiat Kopi Bagi Kesehatan

Kandungan yang terdapat dalam kopi yaitu kafein, ternyata dalam kopi itu sendiri mempunyai kandungan senyawa antioksidan dengan jumlah yang cukup banyak, sehingga dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dalam menangkal efek pengrusakan oleh senyawa radikal bebas. Tidak hanya itu saja, kopi juga mempunyai manfaat untuk menurunkan resiko terkena diabetes militus, mencegah penyakit jantung dan sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat khasiat minum kopi yaitu :

Menurunkan Resiko Kematian
Menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2012, bahwa dengan meminum kopi sehari sampai dengan 3 cangkir maka semakin rendah risiko kematian terlepas dari apakah partisipan (orang yang mengikuti penelitian) itu minum kopi berkafein atau bebas kafein. Temuan serupa dengan studi besar lain yang diterbitkan pada tahun 2008.

Bermanfaat Untuk Kesehatan Kulit
Minum kopi dapat membantu menangkal bentuk paling didiagnosis kanker kulit. Sebuah studi dalam jurnal Cancer Research yang khusus mengamati kafein dalam kopi menunjukkan bahwa peminum kopi akan mempunyai risiko yang lebih rendah untuk terkena karsinoma sel basal. Sehingga dari hal ini bisa dikatakan bahwa ada juga manfaat kopi untuk kecantikan dan kesehatan kulit juga.

Mencegah Depresi
Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine pada tahun 2011 menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi dua atau tiga cangkir kopi setiap hari, 15 persen lebih rendah memiliki resiko terkena depresi. Sementara bagi wanita yang mengkonsumsi empat gelas kopi setiap hari, 20 persen lebih rendah terkena depresi.

Mengurangi Rasa Sakit Kepala
Menurut Seimond Damor, seorang ahli dari Chicago’s Diamond Headache Clinic mengatakan bahwasannya kandungan kafein yang ada dalam kopi ini dapat mengurangi rasa sakit kepala baik itu migrain karena meminum secangkir kopi hitam yang pekat.

Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Kanker. Riset dan juga penelitian yang dilakukan secara konsisten menunjukkan bahwa kopi juga dapat memberikan manfaat dalam mengurangi risiko terkena penyakit kanker hati, kanker usus besar, dan kanker payudara.

Selain bisa memberikan manfaat ada juga dampak bahaya kopi bagi kesehatan bila konsumsinya secara berlebihan bagi seseorang. Berikut beberapa dampak efek negatif minum kopi berlebihan yaitu diantaranya :

Dapat Menyebabkan Obesitas
kopi ternyata dapat menyebabkan penambahan berat badan karena kandungan kafein dapat merangsang produksi hormon yang merangsang nafsu makan dan keinginan untuk makanan berkalori tinggi. Meskipun kafein dikenal untuk membantu dengan jangka pendek penurunan berat badan, dalam jangka panjang konsumsi berat lebih cenderung menyebabkan penambahan berat badan.

Dapat Menimbulkan Meningkatkan Kecemasan
Kafein yang terkandung dalam biji kopi dapat merangsang sistem saraf pusat yang menyebabkan kecemasan dan kegelisahan. Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak setiap hari dapat menguras kelenjar adrenal, menurunkan daya tahan terhadap stres dan membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit.

Peningkatan Produksi Asam Lambung Berlebihan
Konsumsi yang berkepanjangan dan berlebihan dari minum kopi ini akan mempengaruhi lapisan perut. Kehadiran bahan kimia dalam kopi akab dapat memperburuk lapisan perut sehingga menimbulkan masalah pencernaan seseorang. Orang yang mempunyai gangguan ulkus lambung akan mengeluh perasaan kembung atau sakit di perut terutama disebabkan oleh peningkatan jumlah asam lambung akibat dampak dari pengaruh yang kafein yang terdapat dalam kopi. Ini adalah merupakan bagian dari efek samping minum kopi yang bisa terjadi pada diri seseorang.

Sumber:
http://cardiacku.blogspot.com/2013/08/manfaat-kopi-bagi-kesehatan.html

One thought on “Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s