Penghargaan untuk Perusahaan Retail Plat Merah

Asisten Deputi Gubernur Bidang Industri dan Perdagangan, Adhi Soebroto menyerahkan penghargaan Indonesian Inspire Award 2012 kategori The Best Retail Company kepada Mira Amahorseya selaku Direktur Utama PT Sarinah (Persero).

Asisten Deputi Gubernur Bidang Industri dan Perdagangan, Adhi Soebroto menyerahkan penghargaan Indonesian Inspire Award 2012 kategori The Best Retail Company kepada Mira Amahorseya selaku Direktur Utama PT Sarinah (Persero).

PT Sarinah (Persero) pada akhir tahun 2012 ini meraih penghargaan berkat prestasinya dalam membina hubungan dengan usaha kecil dan menengah. Penghargaan dipersembahkan oleh PT Sembilan Bersama Media bekerja sama dengan Indonesian Inspire! free magazine. Acara yang digelar oleh SBM Event Organizer tersebut diselenggarakan di Hotel Sari Pan Pacific Jakarta pada tanggal 30 November 2012 dengan tajuk “Indonesian Inspire Award 2012”.

Sebagai perusahaan yang banyak memberikan peluang bagi usaha kecil dan menengah untuk tumbuh dan berkembang, PT Sarinah (Persero) memperoleh penghargaan dengan kategori “The Best Retail Company”. Penghargaan diserahkan oleh Asisten Deputi Gubernur Bidang Industri dan Perdagangan, Adhi Soebroto kepada Mira Amahorseya selaku Direktur Utama PT Sarinah (Persero).

Penghargaan “Indonesian Inspire Award 2012” sendiri diberikan kepada profil, tokoh, dan perusahaan yang sepanjang 2012 menunjukkan kinerja luar biasa serta menginspirasi masyarakat sekitar. Penghargaan ini sekaligus semakin menunjukkan kepedulian PT Sarinah (Persero) terhadap usaha kecil dan menengah di tengah gempuran perusahaan ritel multinasional sepanjang tahun 2012.

PT Sarinah (Persero) didirikan pada tanggal 17 Agustus 1962 atas gagasan mendiang Ir. Soekarno, Presiden pertama Republik Indonesia. Sarinah diambil dari nama pengasuh Ir. Soekarno, sehingga konotasi Sarinah adalah seorang wanita dari golongan masyarakat rendah. Pada awalnya Sarinah diharapkan akan menjadi stimulator, mediator, stabilator dan pelopor bagi pengembangan usaha ritel modern Indonesia.

Pada tanggal 17 Agustus 2012 lalu, genap 50 tahun usia PT. Sarinah (Persero). Setengah abad sudah Sarinah menorehkan sejarah ritel di Indonesia. Karena Sarinah adalah BUMN ritel dan pengekspor nasional pertama yang berbasis produk usaha kecil, menengah dan koperasi. Sarinah merangkum aneka ragam kekayaan bangsa yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, menghadirkan produk unggulan kerajinan khas Indonesia.

Sarinah bukan saja pelopor dalam bisnis ritel berskala besar di Indonesia, namun Sarinah adalah manik-manik pertama yang menghiasi jantung kota Jakarta. Sarinah telah  menjadi tempat yang merupakan tonggak sejarah yang melekat erat di dalam hati masyarakat Indonesia.

Selama itu pula tiada henti pengabdian Sarinah terhadap para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Sarinah membawa harkat dan martabat para pengrajin nusantara ke tingkat dunia. Gedung Sarinah yang saat ini berdiri sesungguhnya dibangun dengan biaya pampasan perang pemerintah Jepang yang pembukaan Department Store-nya pada tanggal 15 Agustus 1966.

Pada awal berdirinya Sarinah, situasi makro ekonomi Indonesia dalam keadaan yang sangat buruk. Oleh sebab itu Sarinah diharapkan akan menjadi simulator, mediator dan alat distribusi ke masyarakat luas dan menjalankan fungsinya sebagai stabilisator ekonomi, pelopor dalam pengembangan usaha perdagangan eceran (ritel) serta berpartisipasi dalam perubahan struktur perekonomian Indonesia.

Sesuai dengan namanya, Sarinah telah membantu kepentingan masyarakat kecil sebagai mitra usaha. Hingga saat ini cukup banyak mitra binaan Sarinah baik perorangan, perusahaan maupun koperasi. Sebagai mitra usaha kecil, terutama pengrajin, Sarinah ingin berperan lebih besar dalam memperkenalkan produk nasional ke mancanegara lewat ekspor yang semakin ditingkatkan dari waktu kewaktu.

Dalam perjalanannya Sarinah juga mengalami pasang surut. Bahkan pada tahun 1984 gedung Sarinah pernah mengalami kebakaran. Namun karena didorong oleh keinginan untuk melayani masyarakat, Sarinah yang telah menjadi aset nasional terus bangkit kembali.

Pada 50 tahun perjalanannya melayani bangsa Indonesia, perusahaan BUMN yang tetap konsisten untuk mempertahankan cirri khas uniknya ini dinobatkan sebagai “The Indonesia Emporium” oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata. Oleh karena itu, Sarinah menjalankan dengan sungguh-sungguh dua tugas utamanya sebagai perusahaan perdagangan dan ritel yang dimiliki dan dikelola oleh pemerintah. Yakni menjalankan fungsi meningkatkan tujuan sosial melalui perkembangan ekonomi dan lingkungan dengan tidak mengabaikan prinsip-prinsip usaha serta kaidah-kaidah kewirausahaan yang berorientasi laba.

Visi dan misi  PT Sarinah

Visi

“Menjadi pusat perdagangan produk Indonesia pilihan utama dunia (To be the Indonesian Emporium of the world)

Misi

  • Menjadi pusat perdagangan untuk produk-produk unggulan Indonesia
  • Mengembangkan kualitas SDM dalam merchandising serta service excellence
  • Menjadi outlet tujuan utama customer domestik dan mancanegara untuk berbelanja produk-produk unggulan Indonesia di Jakarta
  • Menyediakan nilai tambah bagi perusahaan dan customer dengan penjualan produk-produk unggulan Indonesia secara wholesale ke luar negeri (ekspor) maupun distribusi di dalam negeri
  • Membantu pengembangan usaha kecil, menengah, dan koperasi sebagai mitra strategis melalui pembinaan manajemen dan pemasaran
  • Menjadi mitra pemerintah untuk mengendalikan, melakukan impor produk-produk yang bermanfaat sebagai bahan baku produksi Indonesia
  • Mengembangkan manajemen yang berstandar Internasional dengan berorientasi pada teknologi informasi
  • Menerapkan Good Corporate Governance secara optimal pada setiap aspek bisnis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s