Penghargaan “Perusahaan BUMN Terbaik” untuk PT Semen Baturaja (Persero)

Direktur Utama PT Semen Baturaja (Persero) Ir. Pamudji Rahardjo menerima penghargaan Indonesia Inspire Award 2012 Kategori Perusahaan BUMN Terbaik dari Asdep Urusan Kebijakan Pendidikan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Rudy Faisal.

Direktur Utama PT Semen Baturaja (Persero) Ir. Pamudji Rahardjo menerima penghargaan Indonesia Inspire Award 2012 Kategori Perusahaan BUMN Terbaik dari Asdep Urusan Kebijakan Pendidikan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Rudy Faisal.

PT Semen Baturaja (Persero) kembali meraih prestasi luar biasa di penghujung tahun 2012.  Peningkatan kinerja yang sangat luar biasa dari tahun-tahun sebelumnya memperoleh ganjaran penghargaan. Kali ini, penghargaan datang dari PT Sembilan Bersama Media berkolaborasi dengan Indonesian Inspire! free magazine.

Acara yang digelar oleh SBM Event Organizer tersebut diselenggarakan di Hotel Sari Pan Pacific Jakarta pada tanggal 30 November 2012 dengan tajuk “Indonesian Inspire Award 2012”. Sebagai perusahaan inspiratif dengan prestasi dan kinerjanya selama satu tahun terakhir, penghargaan pada kategori “Perusahaan BUMN Terbaik” diraih PT Semen Baturaja (Persero) dan Ir. Pamudji Rahardjo selaku Direktur Utama.

Penghargaan diserahkan oleh Asisten Deputi Urusan Kebijakan Pendidikan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Rudy Faisal. Penghargaan diberikan kepada profil, tokoh, dan perusahaan yang sepanjang 2012 menunjukkan kinerja luar biasa serta menginspirasi masyarakat sekitar. Penghargaan ini sekaligus melengkapi prestasi-prestasi yang telah diraih oleh PT Semen Baturaja (Persero) sepanjang tahun 2012 ini.

Seperti diketahui, PT Semen Baturaja (Persero) berdiri pada tanggal 14 November 1974 dengan kepemilikan saham PT Semen Gresik 45% dan PT Semen Padang 55%. Status perusahaan berubah pada tanggal 9 November 1979 dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) menjadi Persero dengan komposisi saham Pemerintah Republik Indonesia 88%, PT Semen Padang 7% dan PT Semen Gresik 5%. Pemerintah Republik Indonesia mengambil alih seluruh saham perusahaan pada tahun 1991.

Saat ini, PT Semen Baturaja (Persero) memproduksi Semen Portland Type I. Lokasi pabrik terletak di Baturaja, Palembang dan Panjang. Pusat Produksi terletak di Baturaja yaitu produksi Terak sedangkan proses penggilingan dan pengantongan semen dilaksanakan di Pabrik Baturaja, Pabrik Palembang dan Pabrik Panjang.

Selama tahun 1992 – 1994, perusahaan melakukan Proyek Optimalisasi I (OPT I) untuk penyempurnaan peralatan yang sudah ada dalam rangka pencapaian kapasitas terpasang sebesar 500.000 ton semen per tahun. Selesainya proyek ditandai dengan kapasitas terpasang meningkat menjadi 550.000 ton semen per tahun.

Proyek OPT I dilanjutkan pada tahun 1996, yakni Proyek Optimalisasi II (OPT II), untuk meningkatkan kapasitas menjadi sebesar 1.250.000 ton semen per tahun. Proyek OPT II selesai tahun 2001 dan telah berproduksi hingga sekarang.

Untuk memperoleh bahan baku produksi berupa batu kapur dan tanah liat, perusahaan memiliki pertambangan batu kapur dan tanah liat yang berlokasi hanya 1,2 km dari pabrik di Baturaja. Sedangkan bahan baku pendukung seperti pasir silika diperoleh dari tambang rakyat di sekitar Baturaja, pasir besi diperoleh dari tambang rakyat di provinsi Lampung, gypsum dari Petro Kimia Gresik dan impor dari Thailand. Sementara kantong semen diperoleh dari produsen kantong jadi di dalam negeri.

Setelah diselesaikannya penambahan kapasitas produksi pada tahun 2001, peluang untuk meningkatkan pendapatan di masa datang terbuka lebar. Selain itu secara historis kemampuan perusahaan dalam mengelola masalah operasional dan menjaga profitabilitas operasi terbukti cukup baik.

Dalam menyalurkan produknya perusahaan menggunakan distributor dengan jaringan yang tersebar di seluruh wilayah Sumatera Selatan, Lampung, Jambi, Bengkulu, Banten dan sekitarnya. Di sisi lain, keberadaan PT Semen Baturaja (Persero) memberikan manfaat. Antara lain pajak dan retribusi kepada Pemerintah Pusat dan Daerah, dividen kepada Pemegang. Saham, kesempatan kerja, maupun dalam bentuk kemitraan dan bina lingkungan bagi masyarakat sekitar pabrik.

Visi dan Misi PT Semen Baturaja (Persero)

 Visi 

“PT Semen Baturaja (Persero) menjadi produsen semen yang efisien, mempunyai daya saing dan tumbuh”

Misi

  • Memproduksi semen yang berkualitas, effisien dan memasarkannya dengan mengutamakan kepuasan pelanggan serta berwawasan lingkungan
  • Membangun sumber Daya Manusia yang profesional
  • Memaksimalkan nilai tambah bagi  Stakeholder

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s