Bank UMKM Jawa Timur dinobatkan sebagai The Best Inspiring Micro Finance of The Year

Penghargaan Indonesia Inspire Award 2012 Kategori “The Best Inspiring Micro Finance of The Year” dipersembahkan kepada Bank UMKM Jawa Timur. Piagam dan plakat diserahkan oleh Asisten Deputi Urusan Kebijakan Pendidikan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Rudy Faisal kepada Direktur Utama Bank UMKM Jawa Timur H.R. Soeroso, SE, MM.

Penghargaan Indonesia Inspire Award 2012 Kategori “The Best Inspiring Micro Finance of The Year” dipersembahkan kepada Bank UMKM Jawa Timur. Piagam dan plakat diserahkan oleh Asisten Deputi Urusan Kebijakan Pendidikan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Rudy Faisal kepada Direktur Utama Bank UMKM Jawa Timur H.R. Soeroso, SE, MM.

Bank UMKM Jawa Timur adalah bank perkreditan rakyat yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur. Perkembangan Bank UMKM sangat pesat, di mana pada tahun 2000 memiliki 1 Kantor Pusat, 21 Kantor Cabang dan 35 Kantor Kas, pada tahun 2012 mencapai peningkatan yang luar biasa. Saat ini, Bank UMKM Jawa Timur memiliki  1 Kantor Pusat, 31 Kantor Cabang, 75 Kantor Kas, 8 Payment Point, 29 Mobil Kas Keliling dan 52 Binaan LKURK yang tersebar di seluruh Jawa Timur.

Sesuai visi dan misinya, maka Bank UMKM Jawa Timur berkomitmen terus memperluas wilayah pelayanan dengan membangun berbagai jaringan kantor. Tujuannya agar supaya lebih menjangkau nasabah serta memberikan kemudahan akses permodalan kepada sektor UMKM seluruh Jawa Timur.

Pengembangan jaringan ini terus dilakukan dengan pembukaan Kantor Cabang dan Kantor Kas baru di seluruh Jawa Timur. Seiring perkembangan usaha perusahaan yang mengalami peningkatan signifikan baik kwantitas dan kualitas, aset maupun sarana dan prasarana penunjang kegiatan operasional perusahaan. Untuk mempermudah efektifitas dan pelayanan nasabah, saat ini Bank UMKM Jawa Timur telah terhubung secara on-line di seluruh jaringan Kantor di Jawa Timur.

Dalam dunia perbankan, kepercayaan nasabah, keamanan transaksi dan kualitas pelayanan nasabah adalah kunci utama sukses perbankan menuntut Bank UMKM Jawa Timur untuk lebih inovatif dalam menyediakan layanan perbankan. Layanan Perbankan tidak dapat berjalan efektif tanpa dukungan kemudahan kenyamanan dan fleksibilitas bagi nasabah dalam melaksanakan transaksi secara online.

Keseluruhan kegiatan dan program yang dilaksanakan pada akhirnya berujung pada sasaran terciptanya citra Bank UMKM Jawa Timur sebagai lembaga keuangan mikro yang terpercaya dengan struktur keuangan yang kokoh dan solid. Keberhasilan membangun kepercayaan tersebut akan mampu membuat Bank UMKM Jawa Timur tetap tumbuh memberi pelayanan terbaik bagi setiap lapisan masyarakat.

Selain system online, Bank UMKM Jawa Timur berupaya mendekatkan layanan kepada nasabah dengan menyediakan Mobil Kas Keliling. Diharapkan dengan layanan mobil kas keliling tersebut selain dapat menjangkau layanan ke pelosok-pelosok juga dapat mendorong kesadaran masyarakat daerah perdesaan terhadap perbankan semakin meningkat.

Hal ini juga diharapkan dapat mengikis praktek-praktek rentenir yang menerapkan tingkat bunga yang mencekik bagi masyarakat kecil. Keberadaan Mobil Kas Keliling ini diharapkan bisa untuk mendukung aksebilitas Bank UMKM Jawa Timur kepada sektor UMKM dan Koperasi yang berada di daerah-daerah terpencil dan pedesaan.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah yang ”Cepat, Mudah, Murah” Bank UMKM Jawa Timur telah menyediakan ATM di beberapa kantor cabang. Kantor cabang Bank UMKM Jawa Timur yang telah tersedia layanan ATM antara lain, Kantor Cabang Banyuwangi, Kantor Cabang Batu, Kantor Cabang Pacitan, Kantor Cabang Pamekasan, Kantor Cabang Surabaya, Kantor Cabang Tulungagung dan Kantor Cabang Trenggalek.

Dalam rangka mengantisipasi persaingan perbankan yang semakin ketat, maka manajemen merumuskan daya saing yang tinggi dengan berupaya meningkatkan mutu pelayanan kepada seluruh nasabah serta memenuhi kebutuhan masyarakat akan produk dan jasa perbankan, Bank telah menyediakan dan mengembangkan produk dan layanan jasa bank, antara lain:

  • Tabungan — Tabungan SIKEMAS (Simpanan Kesejahteraan Masyarakat), Tabungan TAMPAN (Tabungan Masa Depan), Tambun atau Tabungan Bumbung dan Tabungan POS DAYA.
  • Kredit – Kusuma, Kridamas, Kredit Pundi Rakyat dan Kretamas
  • Deposito — Deposito Berjangka, Deposito Keluarga, Deposito Berjangka on Call

Selain itu, Bank UMKM Jawa Timur melakukan kerjasama linkage program, baik dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk menyalurkan kredit dana bergulir (channeling) maupun dengan Bank Jatim untuk menyalurkan KUR (Kredit Usaha Rakyat) dan Bank BNI 46 dengan fasilitas KKLK (Kredit Kepada Lembaga Keuangan), serta sebagai Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Kementrian Koperasi.

Dalam peranannya sebagai lembaga intermediasi dan mendukung program Pemerintah, Bank UMKM Jawa Timur selalu berupaya meningkatkan penyaluran kredit ke sektor riil utamanya kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKMK) yang bersifat mendukung pertumbuhan perekonomian daerah (progrowth), pertumbuhan lapangan kerja (pro job), kesetaraan gender (pro gender) pro poor (Mendukung pengentasan kemiskinan yang harus dilakukan oleh Pemerintah Propinsi, Kab/Kota) serta pro business (Mendukung kegiatan usaha).

Sesuai dengan SK Gubernur Jawa Timur Nomor. 40 Tahun 2001 tanggal 22 Nopember 2001 Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberikan tugas kepada Direksi Bank UMKM Jawa Timur untuk melaksanakan pembinaan dan pengawasan teknis operasional kegiatan Lembaga KURK yang belum dikukuhkan sebagai BPR. Hasilnya, tahun 2010 s/d 2011 telah dilakukan hibah LKURK Jatim yang telah dinilai layak bergabung dengan Bank BPR Jatim, yaitu LKURK Panti (Jember), Kare (Madiun), dan Candi (Sidoarjo), Bringin & Pangkur (Ngawi).

Visi dan Misi Bank UMKM Jawa Timur

Visi

“Menjadi Bank Perkreditan Rakyat yang sehat dan berkembang secara wajar, memiliki sumber daya manusia yang profesional serta memiliki integritas yang tinggi”

 Misi

“Ikut serta mendukung pertumbuhan perekonomian Jawa Timur melalui pengembangan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) dan Koperasi di daerah pedesaan”

 Motto

Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jawa Timur khususnya di daerah pedesaan dan mengantisipasi perkembangan dunia perbankan saat ini dan yang akan datang dalam memasuki persaingan global, Bank BPR Jatim memiliki motto BANK UMKM JAWA TIMUR, artinya agar masyarakat wirausaha khususnya UMKM Jawa Timur lebih mudah mengakses permodalan dan tidak canggung untuk berhubungan dengan Bank UMKM Jawa Timur.

 Berkat prestasi dan pencapaiannya, Penghargaan Indonesia Inspire Award 2012 Kategori “The Best Inspiring Micro Finance of The Year” dipersembahkan kepada Bank UMKM Jawa Timur. Piagam dan plakat diserahkan oleh Asisten Deputi Urusan Kebijakan Pendidikan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Rudy Faisal kepada Direktur Utama Bank UMKM Jawa Timur H.R. Soeroso, SE, MM.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s