Bisnis Dunia Maya

Semakin besarnya pengguna internet di seluruh dunia, melahirkan banyak peluang usaha. Disamping bisnis di dalam hal-hal yang terkait dengan infrastruktur di seputar internet sendiri, peluang bisnis terbuka lebar di segala bidang. Artinya, tenaga kerja tidak hanya terserap di sektor penyediaan sarana dan prasarana teknologi informasi (IT), tetapi euphoria internet membuka perkembangan usaha baru.

Zaman dahulu, tidak terbayang seorang ibu rumah tangga bisa bekerja di rumah sambil “momong” bayi. Padahal, ibu rumah tangga tersebut mengendalikan sebuah usaha yang bernilai miliaran tersebar di seluruh dunia. Peralatan kantor yang dipunyainya pun tidak begitu rumit, “hanya” sebuah laptop yang tersambung dengan jaringan internet.

Kondisi yang dijalani ibu rumah tangga tersebut hanyalah sebuah ilustrasi, betapa internet telah “meringkas, melipat dan memangkas” banyak hal dalam dunia bisnis. Bisnis tidak harus dijalankan melalui kantor konvensional dengan banyak karyawan, tetapi bisa dilakukan sendiri dari rumah. Bisnis, tidak lagi harus menembus kemacetan luar biasa untuk sekadar meeting, atau berebut taksi dan terpaksa menumpang ojek untuk mengejar waktu.

Dengan internet, berbagai hambatan yang terjadi dapat diminimalisir. Pekerjaan yang tadinya sangat menyita waktu sekarang tidak lagi. Rutinitas kerja yang tadinya dari pagi hingga malam dihabiskan dalam perjalanan menuju dan pulang kantor, sekarang berubah. Fleksibilitas jam kerja menjadi semakin lentur karena jam kantor diatur sendiri. Semakin efisien pengaturan jam kerja, semakin banyak waktu luang untuk keluarga, hobi dan relaksasi.

Semua itu, dapat terjadi berkat kecanggihan internet sebagai teknologi informasi terkini. Meskipun demikian –seperti juga bisnis konvensional- kelangsungan bisnis internet tidak lepas dari kehandalan marketing yang mendukung di belakangnya. Tanpa dukungan marketing yang piawai menawarkan produk-produknya, secanggih atau sehebat apapun konsep bisnis –baik konvenisonal maupun online- tidak akan berjalan.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang apa dan bagaimana marketing online dijalankan dalam bisnis berbasis internet, artikel dari konglomerat Dr. Ir. Ciputra berikut ini dapat menjelaskan. Entrepreneur No. 1 Indonesia tersebut dengan senang hati berbagi kiat-kiat bisnis, informasi, panduan, edukasi, saran, studi kasus, jejaring sosial, pendanaan, layanan serta peluang bisnis. Melalui situs www.CiputraEntrepreneurship.com informasi tersebut disebarluaskan untuk menginspirasi masyarakat agar menjadi entrepreneur dan mendorong lebih banyak orang untuk ambil bagian dalam usaha menyuburkan semangat entrepreneurship. Selamat membaca…….

Prinsip-prinsip Dasar Online Marketing

Online marketing adalah salah satu bidang bisnis yang digemari orang seiring dengan makin banyaknya jumlah pengguna Internet di seluruh dunia. Online marketing cocok bagi Anda yang tak suka terikat dalam tempat dan waktu tertentu untuk bekerja. Cukup bekerja dengan koneksi Internet dan Anda bisa bepergian ke mana saja untuk tetap berbisnis.

Berikut ialah sekilas gambaran tentang prinsip-prinsip dasar dalam online marketing dan sekelumit penjelasan mengenai setiap konsep.

Konsep pertama yang harus dipahami ialah bahwa online marketing menawarkan pilihan-pilihan dan peluang yang tak kalah luasnya dengan offline marketing.

Saat Anda mendengar, “Saya ingin tampil di Internet,” tanpa menyebutkan jenis, taktik atau platform apa yang akan ia gunakan. Itu sama saja dengan seseorang berkata, “Saya ingin berkomunikasi dengan orang lain.”

Terdapat 3 jenis marketing, 3 jenis komunikasi dan 3 jenis cara beriklan. Namun untuk pembahasan kali ini kita akan kupas tentang 3 jenis marketing.

Owned marketing

Apa yang sesungguhnya Anda kendalikan? Aspek pertama mengenai apa yang Anda bisa kendalikan secara penuh ialah situs Anda sendiri. Kendali Anda ialah konten, seberapa sering ia diperbarui dan upaya SEO (search engine optimization) untuk meningkatkan peluang ditemukan oleh mesin pencari. Anda juga harus memiliki kendali penuh atas newsletter Anda. Akhirnya Anda memiliki kendali penuh atas kehadiran media sosial Anda. Kini terserah Anda dan hanya Anda untuk memilih pesan apakah yang akan disampaikan, bagikan dan komentari serta frekuensi posting Anda.

Earned marketing

Earned marketing ialah semua hal yang di luar kendali Anda. Orang akan membicarakan produk dan layanan Anda baik secara offline dan online. Diskusi dan komentar yang diberikan secara online tetap tertampil di beberapa situs secara permanen, termasuk situs review pengguna (seperti Yelp), blog dan situs media sosial.

‘Kegaduhan’ yang dihasilkan mengenai brand Anda kadang bisa cukup signifikan untuk membantu kampanye Anda (jika nadanya positif). Meskipun Anda tidak bisa mengendalikan nada atau konten diskusi, Anda bisa menyebutkan orang untuk menyebutkan brand Anda dengan membantu mereka untuk berbagi dan berkomentar mengenai informasi yang akan membantu meningkatkan visibilitas di antara orang yang tidak mengetahui Anda.

Paid marketing

Paid marketing merujuk pada semua jenis periklanan berbayar di Internet dan platform interaktif lain. Ini termasuk display advertising (banner) di Internet (konten, layanan dan situs media sosial), pada konsol permainan video, perangkat genggam (situs dan aplikasi) dan digital display; video advertising; email advertising (iklan yang terintegrasi dengan newsletter penerbit); iklan direktori dan terklasifikasi, dan marketing pada mesin pencari (pembelian iklan teks dengan kata atau frase kunci).

Sejumlah alat-alat ini bisa jadi lebih glamor dari yang lain. Sebagian lain menghasilkan secara instan, sementara yang lain menawarkan manfaat jangka panjang. Setiap alat memiliki posisinya sendiri-sendiri dalam siklus pembelian konsumen (jangkauan, apresiasi, pertimbangan, keinginan untuk membeli, akuisisi/ pembelian dan manajemen/ optimisasi hubungan).

One thought on “Bisnis Dunia Maya

  1. ‘PELUANG USAHA MODAL SANGAT KECIL’
    Bagi agan-agan yang ingin membuka usaha
    Tapi bingung ingin membuka usaha apa dan hanya mempunyai modal kecil
    Tak usah bingung,silahkan buka usaha pembayaran online
    “ppob /online nasional”
    Satu deposit bisa melakukan transaksi berikut:
    Seperti listrik,tiket pesawat, tiket ka ,pln,pdam, telepon, speedy, kartu kredit, tv kabel, pulsa, kredit multifinance, dll secara mudah, murah namun tetap dengan dukungan teknologi yang handal dan sistem bisnis yang fleksibel dan menguntungkan.
    Hanya bermodal ‘rp.100.000,’
    info lengkap Hubungi : http://www.fastpaynasional.com
    Hp:081335640101

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s