Bisnis Bertahan dan Tahan Berbisnis

Ketika membuka sebuah usaha baru, pernah terpikirkah bagaimana bisnis kita ke depan? Akankah bisnis kita nanti memberikan kesuksesan? Ataukah hanya sekadar menjadi kebanggaan untuk kemudian jatuh bangkrut dan tidak mampu bangkit lagi?

Tentu tidak bukan? Karena saat memutuskan untuk membuka sebuah usaha, perencanaan, riset pasar dan lain-lain sudah dilakukan dengan baik. Jadi ketika mulai menjalankan bisnis, keyakinan saat pertama kali memulai harus tetap dipelihara. Semangat ini akan menguatkan ketika berbagai halangan menghadang bisnis kita.

Semangat serupa, akan membuat seorang pengusaha lupa diri ketika berhasil. Kesuksesan akan disikapi dengan wajar dan berusaha untuk terus meningkatkan kinerja perusahaan. Selain itu, dengan perhitungan yang cermat, melebarkan sayap bisnis bisa menjadi pertimbangan.

Tentu saja, semangat seperti itu akan membuat bisnis semakin berkembang dan terus berkembang. Dengan bisnis yang semakin maju, manfaatnya akan dirasakan oleh banyak orang. Tidak hanya orang-orang dekat seperti keluarga saja, tetapi juga masyarakat sekitar. Bukan tidak mungkin, bangsa dan negara pun akan memperoleh manfaat dari pesatnya perkembangan bisnis yang kita kelola.

Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan segala daya dan upaya agar bisnis tetap bertahan. Apalagi di tengah era gobalisasi seperti sekarang ini yang membuat persaingan usaha semakin keras, tajam dan banyak pesaing.

Untuk itu, diperlukan tidak hanya kerja keras dan kerja cerdas dalam menjalankan bisnis, tetapi juga effort mental yang kuat. Artinya sebagai pebisnis harus tahan “banting” berbisnis, apapun dan bagaimana pun situasi dan kondisi yang dihadapi.

Sebelum memutuskan untuk menjalankan bisinis, perhitungkan dengan cermat bagaimana prospeknya di masa depan. Untuk mengukurnya, artikel berikut ini bisa menjadi panduan apakah bisnis Anda menjanjikan atau tidak. Silakan dicermati……..

5 Tanda Bisnis Pemula yang Bakal Sukses

Setiap tahun ratusan perusahaan baru bahkan ribuan startup (perusahaan baru bidang teknologi) mencoba peruntungannya dalam persaingan bisnis yang makin ketat.

Tak jarang beberapa diantara mereka harus gigit jari dan terpaksa melihat bisnis yang mereka bangun dari awal itu harus berhenti beroperasi karena kalah bersaing.

Di pihak lain, sebagian diantara pebisnis pemula ini akhirnya lolos dalam saringan dan berhasil mengembangkan bisnisnya hingga menjadi gurita besar.

Sebetulnya tanda-tanda bisnis baru yang bakal menjelma menjadi perusahaan besar bisa dilihat sejak awal. Dikutip dari laman Forbes, Selasa, 17 Juli 2012, berikut adalah 5 tanda-tanda bisnis-bisnis para pemula yang bakal meraih kesuksesan:

1. Memiliki konsumen jelas

Tahukah Anda, bisnis yang sedang Anda kerjakan memiliki konsumen yang bersedia membayar produk atau jasa yang anda tawarkan. Sayangnya, banyak pebisnis baru yang gagal menangkap asumsi para konsumennya.

Bisnis baru yang bakal menuai sukses biasanya menghitung skala pertumbuhan berdasarkan basis data konsumen yang teruji, tetap dan rela membayar.

2. Memperlihatkan perspektif strategis

Ini merupakan lawan dari perusahaan yang berjalan dalam posisi panik atau tengah berusaha bertahan. Bisnis baru yang sukses senantiasa merencanakan dan berpikir jauh mengenai ekspansi bisnis secara nasional dan global.

Perusahaan itu juga memiliki agenda setahun dan lima tahun yang jelas.

3. Bagaimana cara pengelolaan keuangan?

Tak pernah ada waktu yang lebih baik dalam memulai sebuah bisnis. Namun, mungkin tak ada waktu yang lebih menantang dibandingkan ketika Anda harus berhadapan dengan masalah pinjaman maupun pendanaan saat memulai bisnis di tahap awal.

4. Dijalankan penuh transparansi

Komitmen, integritas, dan transparan adalah tiga hal yang sangat berkaitan. Organisasi yang sukses biasanya memiliki sedikit, bahkan tak ada satupun, hal yang disembunyikan. Hidup akan terasa lebih mudah jika Anda memiliki sedikit rahasia mengenai metode tagihan, harga, maupun strategi akuisisi.

Strategi ini juga sangat efektif untuk membuat para pekerja Anda lebih loyal dan memiliki keterikatan yang kuat.

5. Komunikasi

Sebuah pepatah mengatakan, Setiap pemimpin maupuan perusahaan besar senantiasa memiliki komunikasi yang baik. Mereka mengkomunikasikan berita baik dan buruk dalam bahasa tegas dan langsung.

Perusahaan besar biasanya tidak pernah lahir karena satu orang dan berdiri sendiri. Bahkan perusahaan yang telah sukses saat ini menyadari setiap peluang dan kebutuhan vital akan berhasil ditempuh jika terjadi komunikasi yang baik

Source: http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/336174-5-tanda-bisnis-pemula-yang-bakal-sukses

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s