Lima Kebijakan Menuju Kesuksesan

Belajarlah, meskipun harus sampai ke negeri China. Ungkapan yang merupakan sabda Nabi Muhammad SAW ini sangat terkenal untuk memotivasi umat. Bahwa ilmu pengetahuan dan menuntut ilmu sangat penting bagi kehidupan, hingga harus bersusah payah mencarinya sampai harus melanglang buana untuk mendapatkannya.

Artinya, bahwa untuk memperoleh ilmu pengetahuan harus mendatangi tempat-tempat di mana ilmu diperlakukan sebagai bahan kajian yang dipelajari secara terstruktur, terencana, ilmiah dan dapat dipertanggungjawabkan. Meskipun harus menempuh perjalanan yang sangat jauh –saat itu, untuk sampai ke China dari jazirah Arab memerlukan waktu yang sangat lama- demi ilmu pengetahuan harus dilakoni.

Bekal ilmu pengetahuan yang mumpuni, akan menjadikan kesuksesan datang lebih cepat. Tentu saja memerlukan berbagai kiat-kiat untuk mewujudkan kesuksesan yang diidam-idamkan. Kemauan dan kerja keras, upaya terus menerus serta tak mudah berputus asa adalah cara terbaik menuju kesuksesan. Begitu juga dengan fokus pada tujuan yang telah diimpikan dan tidak pernah berhenti sampai tercapainya impian tersebut.

Materi pembelajaran tidak harus yang bersifat formal semata. Karena banyak ilmu pengetahuan bertebaran di muka bumi. Belajar bisa dilakukan dari siapapun, asalkan dapat mengambil hikmah darinya. Apalagi pelajaran “kehidupan” sangat beragam tantangan, cara dan liku-liku untuk mendapatkan kehidupan yang mapan, sukses dan bahagia.

Salah satu teknik belajar kehidupan adalah dengan mempelajari perjalanan hidup tokoh-tokoh yang terbukti sukses dalam hidupnya. Dari mereka, kita bisa memahami bagaimana spirit hidup yang terus menyala berkobar-kobar membuat mereka sampai pada tujuan hidup serta pencapaiannya.

Tokoh-tokoh sukses dunia, juga tidak pelit dalam membagikan kiat dan strategi sukses dalam hidupnya. Banyak buku biografi, buku motivasi serta seminar yang membahas bagaimana mencapai kesuksesan hidup. Nah, tinggal bagaimana generasi sekarang ini untuk belajar dari mereka dan sekaligus mempraktekkan “ilmu” sukses yang telah dipraktekkan dan terbukti menjadikan orang-orang tersebut sukses.

Salah satunya adalah Warren Buffett, seorang investor dan pengusaha kaya dari Amerika Serikat. Pengusaha ini termasuk dalam daftar orang terkaya di dunia yang memiliki bisnis di berbagai penjuru dunia. Uniknya, ia juga tidak pelit dalam membelanjakan kekayaannya untuk beramal dan kegiatan-kegiatan sosial lainnya.

Warren Buffett juga dengan senang hati berbagi kiat sukses dalam buku-buku yang diterbitkannya. Berikut ini adalah petikan dari strategi sukses pengusaha tersebut yang terangkum dalam “Lima Mutiara Kebijakan” menuju kesuksesan. Selamat membaca artikel dari “Motivator Nomor Satu Indonesia” ini.

5 Pearls of Wisdom from Warren Buffett

Warren Buffett adalah investor dan pengusaha Amerika yang masuk dalam daftar orang terkaya sedunia. Berikut ini Warren membagikan kiat-kiatnya dalam menjalani hidupnya yang sukses:

Pearls of Wisdom 1: Percaya pada Diri Sendiri

“Saya selalu yakin suatu saat nanti saya akan kaya. Saya tidak pernah meragukan keyakinan itu.” Dari kecil, Warren adalah pribadi yang pemalu tapi dia selalu mempercayai dirinya. Ia tahu betul kemampuannya dan punya keyakinan dan keberanian untuk mengikuti kata hatinya ketika memang diperlukan. Hal ini sudah tertanam dalam dirinya sejak kecil. Ayahnya mengajarinya bahwa penting untuk mendengarkan dirinya sendiri dibanding meminta pendapat orang lain.

Pearls of Wisdom 2: Terus Belajar

Warren Buffett adalah penggemar berat Benjamin Graham, Bapak Investasi Nilai. Warren selalu belajar hal-hal baru dari tokoh-tokoh panutannya di bidang investasi sepanjang hidupnya. Ia juga menghabiskan masa kecilnya dengan membaca semua bacaan tentang investasi dan kerja kerasnya ini terbayarkan dengan kesuksesan besarnya. Maka itu, jangan takut untuk belajar hal-hal baru. Warren terus belajar dari orang-orang di sekitarnya selama hidupnya dan tidak pernah sekali pun berpikir dirinya sudah tahu semua hal.

Pearls of Wisdom 3: Jalani Hidup Sederhana

Meski punya kekayaan miliaran dolar, Warren hanya memakai uangnya sebesar $100.000 (sekitar Rp946.800.000) per tahun untuk kebutuhan hidupnya. Warren akan mengawasi pengeluarannya seperti seekor elang dan selalu tahu betul uangnya dipakai untuk keperluan apa saja. Sepanjang hidupnya, ia tak pernah menuruti kata hatinya untuk membeli barang-barang mewah meski dia menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Pearls of Wisdom 4: Berhati-hati dalam Berteman

“Lebih baik bergaul dengan orang-orang yang lebih baik dari kita. Pilihlah teman dan rekan yang perilakunya lebih baik dari perilaku kita dan kita pun akan terpengaruh karenanya.” Warren Buffett selalu berkumpul dengan orang-orang sukses lainnya dan akan meminta nasihat dari mereka yang lebih cerdas darinya. Ia tahu betul jika dirinya bergaul dengan orang-orang sukses, sikap mereka, energi positif dan kesuksesan mereka akan memberikan pengaruh padanya.

Pearls of Wisdom 5: Ada yang Lebih Berharga dari Uang

Warren tidak memandang uang sebagai satu-satunya penentu kesuksesan seseorang. “Saat Anda sudah mencapai usia setua saya, Anda akan menilai kesuksesan Anda dalam hidup dari berapa banyak orang yang menyayangi Anda. Itulah penguji utama seberapa kualitasnya hidup Anda.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s