Macan Group Raih The Best Retail Company

Bobby Leong, BA (Hons), DipM, MBS, MCIM 
CEO & Marketing Director MACAN Group

Macan Group, adalah supermarket terbesar di Medan yang didirikan pada tahun 1985 oleh Bapak Hardie Leong. Selama ini tetap menfokuskan bisnisnya dalam supermarket retailing dengan supermarket Macan Yaohan dan mini market Macan Mart. Sesuai komitmen untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggann, Macan Group selalu berinvestasi (continuously improving and investing) dalam information technology (IT), product range, marketing program dan human resource management untuk mempertahankan posisinya di Medan Indonesia.

Macan Group menjalankan bisnis supermarket ritel dengan komitment untuk melayani konsumen dengan service yang terbaik , dengan produk yang berqualitas , jenis yang cocok dan terutama dengan harga yang paling competitive di Medan. Macan Group juga tetap berusaha memberikan nilai tambah (value added) kepada pelangannya dengan program program marketing seperti belanja berhadiah dan kartu diskon yang bisa di gunakan di 40.000 merchant internasional.

Macan Group di pilih konsumen Indonesia sebagai top 3 pasar swalayan di Indonesia (dengan ‘perceived best value’ score – 72.6%) masih di atas supermarket nasional seperti Alfa, Makro, Matahari, Ramayana, Indomaret dan Hero. Majalah SWA menerbitkan Indonesian Customer Satisfaction Index 2002 dengan hasil survey dari Frontier Marketing Research dan menyatakan bahwa Macan Group adalah salah satu top 10 pasar swalayan di Indonesia dan paling top di Medan. Hasil survey juga membuktikan bahwa Macan Group mampu memuaskan pelanggan Indonesia di atas rata – rata industri pasar swalayan.

Saat ini Macan Yaohan Group dipimpin oleh Bobby Leong, BA (Hons), DipM, MBS, MCIM  selaku CEO & Marketing Director. Pria yang memiliki hobi traveling, mengunjungi tempat-tempat baru, belajar budaya baru, memperbanyak teman baru ini sangat mudah beradaptasi dengan kebiasaan dan budaya baru. Ia juga berikiran sangat terbuka, merasa tertantang dan tertarik mempelajari keterampilan baru, serta bekerja di bawah tekanan dan tenggat waktu. Hobi lain Bobby Leong adalah berenang, yoga dan menjaga kebugaran tubuh.

Penghargaan yang diterima oleh Bobby Leong antara lain adalah:

Awards & Achievements

1. Penghargaan “Status Marketing TERTINGGI Sedunia– Chartered Marketer” by The Chartered Institute of Marketing (CIM-UK)

2. Rekor “Chartered Marketer TERMUDA Sedunia” by The Chartered Institute of Marketing + Rekor MURI (Museum Rekor Indonesia)

3. “The BEST Young Marketer Award 2005” by Indonesian Marketing Association (IMA), Markplus Consulting and SWA Sembada

4. “Internet Marketing Success of the Year Award 2007” by The World Internet Mega Summit held in Singapore May 2007

5. Business Entrepreneur Award / Finalist “Ernst & Young Entrepreneur of the Year Award 2007” by Ernst Young

6. “The New Wave Marketing Award 2008”  by Asian Marketing Guru Hermawan Kartajaya and Philip Kotler

7. International Business & Company Award 2011 for Macan Yaohan Group as Best Company of The Year 2011 by International Achievement Foundation supported by Ministry of Indonesia.

8. The Greatest Innovation Award as The Great Entrepreneur 2011 by Indonesia Global Foundation and Ministry of Communication & Information Republic Indonesia

9. “First Choice Profile Public Award as First Choice Company 2011” by Indonesia Global Foundation and Ministry of Communication & Information Republic Indonesia

10.“International Golden Company & People’s Choice Award as Top Service Excellent to Customer” by Ministry of Industry & Ministry of Manpower & Transportation of Republic of Indonesia

Alumni Canterbury Business School (University of Kent at Canterbury)   , Master of Business Studies – Pass with Distinction (First in the year), The Chartered Institute of Marketing (CIM) (UK) dan berbagai sekolah bermutu tinggi di Inggris ini adalah anggota (ACIM) Associate Member of the Chartered Institute of Marketing, MCIM (Full Membership of the Chartered Institute of Marketing) dan Awarded Chartered Marketer Status.

Pengalaman kerja di Macan Yaohan Group – CEO & Marketing Director adalah untuk membangun struktur organisasi perusahaan dan strategy perusahaan. Membangun strategy dan mengembangkan Macan Yaohan & Macan Mart dari 3 cabang menjadi 14 cabang. Mengkordinasi seluruh department termasuk Human Resources, MIS, Merchandising, Operations dan masih bertanggung jawab atas Department Marketing.

Selama kurun waktu 1997 – 2000 Bobby bekerja pada Macan Yaohan Supermarket – Marketing Manager

Membangun department marketing dari nol di perusahaan untuk meningkatkan citra Macan Yaohan, meningkatkan customer base dan omzet perusahaan. Menjalankan strategy marketing termasuk research, perencanaan dan mengawasi semua design di material/media marketing. Re-launching customer loyalty program dengan system computer dan database termasuk merancang system dan design database dan program.

Penggila computer dan gadget canggih yang menguasai bahasa Indonesia, Inggris, Mandarin, Hokkian, Canton dan Thailand ini mengawali bekerja di Macan Yaohan sebagai Asisten Direktur. Sebelumnya, ia sempat bekerja sebagai Store Asistant di Bournemouth University Campus Store selama dua tahun. Sejak itu kariernya terus melesat hingga mencapai posisi sekarang setelah bekerja keras melakukan berbagai inovasi untuk memajukan perusahaan.

Atas prestasi, kerja keras dan pencapaiannya selama ini, penghargaan Indonesian Business Award 2012 Kategori “The Best Retail Company” dipersembahkan kepada Macan Group dan Bobby Leong, BA (Hons), DipM, MBS, MCIM., CEO & Marketing Director. Selamat dan sukses………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s