Empat Langkah Menjadi Pengusaha Sukses

Bagi pengusaha pemula, keinginan untuk sukses dalam menjalankan usaha pasti sangat besar. Melihat di  sekitarnya banyak pengusaha sukses, telah menjadi cambuk pelecut untuk mengikuti jejak kesuksesan.

“Perasaan” ini mungkin dirasakan juga oleh banyak karyawan yang memiliki potensi besar tetapi bekerja pada “orang” lain. Gerah karena setiap langkah dan idenya terbatas oleh aturan perusahaan, membuat semakin kuat keinginan untuk mendirikan usaha sendiri.

Namun, banyak kendala yang harus ditaklukkan oleh mereka-mereka ini. Dicemooh, dipandang sebelah mata dan dianggap tidak akan berhasil adalah “masalah klasik” yang dihadapi pengusaha pemula serta karyawan yang ingin switch menjadi pengusaha.

Terkadang, tekanan tersebut memiliki pengaruh besar. Ada karyawan yang mengurungkan niatnya untuk menjadi pengusaha meskipun jalannya terbuka lebar (dan belakangan menyesali diri tidak berani mengambil risiko awal tersebut).

Bahkan ada juga pengusaha yang sudah setengah jalan mengelola usaha tetapi banting stir dan menutup usahanya untuk kembali bekerja sebagai karyawan. Semua itu disebabkan karena besarnya tekanan dari lingkungan tidak dapat ditahan oleh mental entrepreneurnya yang ternyata belum benar-benar siap.

Padahal, keleluasaan dan kebebasan financial, sudah menanti mereka yang tekun dalam menjalankan usaha. Tidak gampang berputus asa dan memiliki kekuatan yang tangguh dalam menghadapi tekanan –baik dalam berusaha, lingkungan, orang tua, keluarga dan lain-lain- akan menghantarkan pengusaha pemula ke tingkat taraf hidup yang lebih tinggi.

Ada empat langkah sederhana tetapi penting yang apabila dilakukan dengan tekun akan mengantarkan seorang entrepreneur kepada kesuksesan. Berikut ini empat langkah tersebut yang kami sarikan dari kisah sukses Hamzah Izzulhaq. Selamat menyimak…..

1) Bergabung di komunitas pengusaha

Komunitas pengusaha seperti Community of Motivator and Entrepreneur, TDA, KADIN dan lain-lain, bisa menjadi tempat mencari mentor dan peluang-peluang bisnis. Salah satu faktor kesuksesan Sandiaga Uno mungkin adalah karena dekat dengan anak pemilik Astra. Chairul Tanjung dekat dengan Salim group.

2) Hindari membangun brand dan sistem dari nol

Ini memang cirri khas dunia modern Indonesia (juga anak muda) belakangan ini, semua serba instan. Harus diakui, banyak kegagalan pebisnis muda karena terlalu berani memulai mengembangkan brand dan sistem baru. Karena membangun brand dan system sendiri sangat sulit serta membutuhkan jam terbang tinggi. Maka mengambil franchise atau akuisisi bisnis yang sudah memiliki system merupakan cara instan untuk sukses.

3) Sedikit teori, langsung aksi

Nasihat ini diberikan oleh seorang motivator muda yang sangat sukses dengan idiom “otak kanan”, yaitu Ippho “Right” Santoso. Melalui metode otak kanan ini, yang paling penting adalah melakukan action terlebih dahulu sementara hal-hal lainnya menyusul kemudian.

Jadi ketika ingin menjadi entrepreneur ya harus keluar dari pekerjaan untuk membuka usaha. Masalah lain yang ditimbulkan setelah itu, seperti membesarkan usaha, mencari mitra, pelanggan dan lain-lain- dipikirkan dan dipelajari sambil jalan.

Toh, setiap manusia dibekali Tuhan dengan berbagai kelebihan yang akan “keluar” ketika menghadapi kondisi terdesak. Desakan inilah (terpaksa, kepepet, dikejar kebutuhan dan lain-lain) yang menjadi inti dari  sedikit teori langsung aksi.

4) Perbaiki hubungan dengan Tuhan dan orang tua

Masih dari “teori kanan” Ippho Santoso, untuk membesarkan usaha membutuhkan bantuan tangan Tuhan. Melalui doa, sedekah, memperbanyak amalan dan sholat sunah, bisnis akan berjalan dengan mulus.

Dorongan akselerasi kesuksesan bisnis semakin kencang ketika seorang entrepreneur meminta uluran doa dari orang tua. Seperti kita ketahui, dalam agama manapun, doa restu orang tua menjadi bagian yang sangat penting dalam kehidupan.

Nah, mintalah doa restu dari orang tua agar usaha dan upaya membesarkan bisnis yang kita rintis lancar dan membesar. Jangan lupa juga untuk memperhatikan kehidupan orang yang telah membesarkan kita sehingga mereka dengan penuh ketulusan hati mengirimkan doa untuk kesuksesan kita. Begitu………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s