Motivasi Bagi Pengusaha UKM

Masalah motivasi dalam segala hal sangat diperlukan. Dari hubungan rumah tangga, pendidikan sampai karier, semua membutuhkan motivasi ketika semangat mulai mencapai titik jenuh. Tidak heran, sejak beberapa tahun terakhir profesi motivator memasuki masa-masa booming.

Nama-nama seperti Andrie Wongso, Tung Desem Waringin, Mario Teguh, Jamil Azzaini, hingga angkatan yang lebih baru yakni Bong Candra, Ippho Santoso dan lain-lain, dikenal sebagai motivator handal. Motivasi yang mereka berikan tidak sebatas hanya di tanah air. Kiprah mereka telah mencapai dunia internasional, baik melalui dunia maya –facebook, twitter dan lain-lain- serta dunia nyata melalui berbagai seminar untuk mendapatkan suntikan motivasi langsung dari para motivator tersebut.

Kebutuhan serupa juga diperlukan oleh para pengusaha UKM. Yang meskipun tidak dalam kondisi jenuh, tetapi membutuhkan suntikan motivasi untuk terus memajukan usahanya. Jangan sampai, rintisan jiwa entrepreneurship yang mulai membuncah langsung meredup ketika menemui jalan buntu.

Para pengusaha UKM ini harus terus dibangkitkan motivasinya agar tetap berjalan pada track yang sudah benar tersebut. Intinya dengan “memelihara” pengusaha UKM sedikit banyak akan membuat sebuah negara menjadi “perkasa” secara ekonomi. Karena kekuatan mereka telah terbukti –bahkan di negara maju sekalipun- mampu bertahan dan mengatasi kemerosotan perekonomian hingga krisis moneter terparah di suatu negara.

Lalu, motivasi seperti apakah yang dibutuhkan oleh usahawan UKM? Artikel berikut ini akan memberikan jawabannya. Selamat mempelajari………

Motivasi Yang Dibutuhkan oleh Usahawan UKM

Apa yang anda biasa lakukan di waktu santai? Nonton TV? Apa yang biasa anda tonton? Kalau lebih sering menonton program informasi-non fiksi seperti Discovery Channel atau CNN, mungkin anda mempunyai motivasi Achievement yang dominan. Kalau soap opera atau sinetron romantis, kemungkinan anda punya motivasi Affiliation yang kuat. Atau kalau sering menonton acara olah raga yang kompetitif mungkin motivasi Power anda yang dominan.

(Tinjauan dari segi Human Motivation Theory)

Teori Motivasi

Apa sih motivasi itu? Ada banyak teori motivasi, dari mulai Maslow, McDougall, Freud, dan sebagainya. Yang hendak saya bahas di sini adalah teori motivasi dari David McClelland (1917-1993). Apa sih motivasi itu menurut beliau? Motivasi adalah keinginan atau kebutuhan dasar kita yang kemudian mendorong perilaku kita (Bahasa Inggris gampangnya: the reason why we do what we do).

Setiap orang mempunyai 3 motivasi, yaitu needs for Achievement, Affiliation dan Power. Namun umumnya seseorang mempunyai salah satu motivasi yang dominan. Needs for Achievement adalah keinginan untuk berprestasi, Affiliation adalah keinginan untuk membina hubungan yang baik dengan orang lain, dan Power adalah keinginan untuk memimpin atau memberi pengaruh terhadap orang lain.

Motivasi yang dibutuhkan oleh Wirausahawan Kecil dan Menengah

Dari studi yang dilakukan oleh McClelland selama puluhan tahun, orang-orang yang berhasil dalam bisnis umumnya adalah mereka yang mempunyai needs for Achievement yang tinggi. Ini dikarenakan mereka adalah orang-orang yang:

  • berani mengambil resiko yang terkalkulasi
  • mempunyai tanggung jawab pribadi terhadap kinerja mereka sendiri
  • memberi perhatian yang besar terhadap umpan balik dalam kaitannya dengan biaya dan keuntungan (cost and benefit)

Semua ciri tersebut konsisten ditemukan di berbagai masyarakat, apakah di masyarakat Barat maupun non-Barat.

Berbeda dengan wirausahawan, seorang manajer yang baik adalah orang yang memiliki needs for Power yang kuat, karena tidak seperti wirausahawan (kecil dan menengah) yang harus mengelola kinerjanya sendiri, seorang manajer harus mengelola kinerja orang lain.

Seorang wirausahawan:

  • harus mengambil keputusan mengenai prospek yang harus ditindaklanjuti
  • mengambil resiko yang terkalkulasi
  • mengambil tanggung jawab untuk melakukan telepon kepada calon klien
  • memonitor baik keberhasilan maupun kegagalan dalam melakukan penjualan
  • menemukan cara yang inovatif untuk membujuk orang agar membeli produk atau jasanya

Semua ini membutuhkan motivasi Achievement yang kuat.

Sedangkan seorang manajer umumnya menghabiskan waktunya untuk mempengaruhi orang lain dan tidak melakukan semua usaha tersebut sendiri.

Perubahan Motivasi

Ketika baru memulai suatu usaha sampai dengan perusahaan masih berskala kecil, wirausaha yang berhasil adalah mereka yang memiliki needs for Achievement yang kuat. Namun begitu perusahaan menjadi besar, yang diperlukan oleh pucuk pimpinan adalah “leadership” yang baik yang dapat memberikan pengaruh pada para bawahan untuk berprestasi, dan karenanya yang diperlukan adalah mereka yang mempunyai motivasi Power yang kuat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s