Liputan Pers Untuk Mendongkrak Popularitas Bisnis

Pada era informasi seperti sekarang ini, peran media massa dalam bisnis sangat besar. Sebuah bisnis akan menjadi besar ketika dikenal secara luas oleh konsumen. Di sinilah, media massa berperan untuk menjembatani antara produsen dan pasar melalui informasi yang disediakannya.

Karena media massa memiliki pasar pembaca yang sangat luas di setiap lapisan masyarakat. Meskipun memiliki segmen berbeda-beda, tetapi mereka –para pembaca ini- adalah pasar potensial dalam bisnis. Untuk itu, sangat penting bagi pengelola bisnis “merangkul” media massa demi memperkenalkan bisnis yang digelutinya.

Berbagai jalan bisa digunakan untuk mempromosikan usaha, baik yang berbayar maupun gratis. Bagi para pengusaha yang memiliki modal besar, menganggarkan dana untuk memasang iklan secara besar-besaran untuk menjangkau sebanyak mungkin calon pembeli dengan mudah menempuh jalan ini. Berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik menawarkan paket iklan yang kompetitif.

Namun, bagi perusahaan kecil setingkat UKM yang baru saja berdiri, langkah tersebut cukup berat dilakukan. Modal yang sebagian besar masih dialokasikan untuk membesarkan usaha belum memungkinkan untuk pasang iklan. Lalu bagaimana caranya agar bisnis Anda lebih dikenal konsumen melalui media massa?

Banyak langkah yang bisa dilakukan untuk promosi gratis usaha Anda di media massa. Membuat blog bisnis adalah salah satunya. Meskipun ini bisa dibaca konsumen di seluruh dunia, namun factor “keterkenalan” serta “kedekatan” dengan konsumen yang disasar masih harus diperhitungkan. Apalagi orang Indonesia masih “media cetak minded” sehingga promosi melalui suratkabar, tabloid dan majalah tetap menjadi andalan.

Bagaimana trik untuk tetap bisa berpromosi di media cetak dengan biaya minim? Artikel berikut ini menjelaskannya secara detail, silakan……….

Jika Anda Belum Diliput Media, Tulislah Press Releases

Saat ini makin bertumbuh media kewirausahaan yang meliput kegiatan-kegiatan para wirausaha. Jika bisnis Anda belum sempat diliput oleh para media ada triks agar bisnis Anda diliput oleh media. Bayangkan jika kita memasang iklan, biasanya iklan itu berbayar, namun dengan triks ini maka Anda mendapatkan iklan gratis di media-media. Banyak triks agar Anda dapat masuk ke media-media, contoh : menulis artikel, press release, sebagai kolomnis/pengisi rubrik dan lain-lain. Triks yang ingin saya bahas sedikit adalah Press Releases.

Menuliskan berita tentang kegiatan bisnis Anda ke media itu biasanya disebut Press Releases (PR). Media justru membutuhkan berita-berita dari kita.

Press Releases bukanlah sebuah iklan, bukan sebuah tulisan/liputan berisi produk yang Anda jual. Press Releases yang berisi iklan ini justru akan ditolak oleh media. Agar Press Releases (PR) kita diterima oleh media, saya sedang kembali membuka buku Instant Promotions dari Brad Sugars, di buku tersebut, biasanya PR tersebut berisi liputan sebagai berikut:

  • Celebration, misal perayaan ulang tahun bisnis Anda, mungkin di perayaan tersebut ada event khusus, bonus khusus untuk pelanggan ke 1000, doorprize, kegiatan sosial
  • Spesific Interest Group, misal kegiatan yang melibatkan sebuah komunitas spesifik, misal jika Anda membuat launching produk yang melibatkan perlombaan atau event apa pun yang pesertanya dari para komunitas yang berhubungan dengan bisnis Anda. Contoh : launching produk motor, maka libatkan acara yang pesertanya dari group-group motor, tuliskan liputannya.
  • Family Appeal, misal menulis tentang bisnis Anda yang menjadi sponsor acara-acara family, event perlombaan anak-anak, kegiatan sosial bisnis Anda / donasi-donasi yang bisnis Anda berikan.
  • Tragedy/Fear, misal menulis tentang pentingnya menjaga lingkungan dari bahaya demam berdarah, bagi Anda yang berbisnis alat-alat kesehatan (obat pebasmi serangga).

Coba tuliskan PR bisnis Anda yang sesuai dengan kategori diatas dan kirimkan ke banyak media, siapa tahu ada yang menampilkannya. Pilih media, yang mempunyai kolom/halaman khusus tentang PR, Info Bisnis, Info dari Anda atau rubrik lain yang berhubungan dengan PR.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s