Manisnya Bisnis Online di Indonesia

Semakin tumbuh dan berkembangnya internet hingga ke seluruh pelosok tanah air telah melahirkan sebuah tren baru dalam bisnis. Ya…Indonesia kini memasuki era bisnis online yang sangat marak seiring meredupnya bisnis serupa di Amerika dan negara barat lainnya.

Kemajuan bisnis online bertepatan juga dengan kebangkitan perekonomian Indonesia khususnya dan wilayah Asia pada umumnya. Di mana, secara umum perekonomian Asia pasca krisis moneter terus berbenah dan tumbuh sebagai kekuatan ekonomi dunia baru. Terutama China, India, Vietnam dan Indonesia yang mengikuti di belakangnya.

Maraknya bisnis online –dari makanan, pakaian, aksesoris mobil dan motor, property, gadget dan lain-lain- semua memiliki pasar tersendiri. Masyarakat Indonesia yang makin sejahtera dan memiliki kekuatan daya beli tinggi pun semakin banyak sehingga apapun yang ditawarkan mendapat respon yang positif.

Di sisi lain, untuk membangun sebuah bisnis online pun tidak terlalu banyak memakan biaya. Semakin murahnya peralatan IT produksi China, mempermudah orang untuk meng-online-kan bisnisnya. Pemerintah Indonesia pun, melalui berbagai kebijakan di bidang komunikasi dan informatika, membuka keran lebar-lebar bagi UKM yang mengembangkan bisnis online.

Jadi tunggu apalagi, ayo bangun bisnis online sekarang. Mumpung murah, tren terus meningkat dan sedang booming. Artikel berikut ini mengupas mengapa membangun bisnis online di Indonesia sangat mudah. Selamat menyimak……

Mudahnya Membuat Web Startup di Indonesia

Kita masih teringat ketika bisnis dot-com sangat populer di pertengahan tahun 1990an. Ide-ide cemerlang para pebisnis online dari Silicon Valley mendominasi saat itu. Dan pasar meresponnya dengan membeli secara masif saham-saham dot-com yang saat itu orang menyebutnya “blow the bubble”. Sampai saatnya tahun 2000 efek berikutnya adalah “bubble burst.” Saham dot-com berjatuhan, hanya beberapa perusahaan besar yang selamat diantaranya Amazon, eBay dan Yahoo!.

Sekarang bisnis dot-com atau kata yang paling tepat adalah web startup, punya kesempatan untuk berkembang kembali dan direspon positif oleh pasar. Semangat membuat bisnis web kembali besar, bukan hanya di silicon valley tapi juga di seluruh dunia. Di Indonesia geliat pembuatan web startup sudah mulai sejak tahun 2009 ditandai dengan berdirinya Koprol yang kemudian diakuisisi oleh Yahoo! Diprediksi Indonesia akan mempunyai banyak web startup dan beberapa akan muncul menjadi pemain internasional tahun 2014.

Ada tujuh  faktor utama kenapa web startup lebih mudah untuk dibangun saat ini. Walaupun dengan konsep bisnis UKM sekalipun.

  1. Harga hardware yang jauh lebih murah saat ini. Dulu saat boom dot-com harga server mencapai Rp 500 juta/server. Sekarang dengan kualitas yang bagus kita bisa beli satu server seharga Rp 10 juta.
  2. Harga lisensi software juga turun drastis. Pengeluaran budget  software dapat dihemat hingga hanya 1/50 dari harga tahun 2000 bahkan dengan kemampuan yang lebih canggih. Penggunaan software gratis berbasis open source  juga membuat banyak web-startup lebih mudah tumbuh.
  3. Sumber daya manusia yang lebih murah. Indonesia adalah salah satu negaranya para programmer murah seperti juga India dan Cina. Sangat mudah kita temukan programmer yang punya kemampuan mumpuni di sini, adaptif dan kreatif.
  4. Biaya marketing yang lebih murah. Pay per click advertising membuat biaya marketing web start up menjadi sangat terjangkau. terimakasih kepada google adsense, facebook ads dan start-up-start-up pay per click di Indonesia seperti idblognetwork, Admax dan Sitti juga perkembangan social media seperti twitter yang bisa menjadi penyebar viral marketing.
  5. Makin cepat, mudah didapat dan murahnya koneksi broadband internet. Di kota-kota besar di Indonesia, koneksi internet sangat mudah didapat hanya dengan membeli starterpack provider telekomunikasi dan pulsa.
  6. Banyaknya kanal distribusi online populer. Apple Store, Blackberry app world, Android Market untuk aplikasi mobile. Atau melalui social platform facebook seperti yang dilakukan oleh Zynga untuk game-gamenya. Yahoo, Chrome dan masih banyak lagi kanal distribusi online yang bisa langsung digunakan.
  7. Pasar yang kondusif. Indonesia sudah melek digital. Teknologi akan semakin mudah diserap masyarakat dan bila diterima akan cepat menjadi populer. Lebih dari 50 juta orang yang mengakses internet di Indonesia. Dan akan bertambah secara signifikan dalam 2 tahun berkat pertumbuhan telepon selular. Jumlah potensi pasar yang lebih dari cukup, bahkan bila startup hanya focus di Indonesia saja

Tapi satu hal yang masih “mahal” saat ini adalah ide dan waktu. Startup di Indonesia masih dalam tahap adaptif. Masih “terinspirasi” jika tidak mau dikatakan menjiplak, konsep dari startup yang sudah ada di dunia. Butuh sedikit waktu untuk kita bisa punya konsep orisinal dan mendunia. Dan saya harap itu datang dari Anda. (@Daniwq)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s