Penghargaan Anugerah Citra Indonesia Kategori “Perusahaan Konsultan Sawit Terbaik”Dipersembahkan Kepada PT Warekon Geoperta Utama Sejati

Wawan Diasomantri
Direktur Utama PT Warekon Geoperta Utama Sejati

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

PT Warekon Geoperta Utama Sejati adalah perusahaan konsultan perkebunan yang didirikan Wawan Diasomantri pada tahun 1996. Perusahaan menawarkan jasa utama berupa survey, design dan planning untuk keperluan perkebunan. Dengan jenis pekerjaan foto udara, sumber daya lahan, manajemen pembangunan perkebunan serta survey manajemen tata air untuk perkebunan. Data-data yang diperoleh dari hasil survey dapat dimanfaatkan oleh investor untuk mengambil kebijakan dalam pembangunan perkebunan, antara lain perkebunan kelapa sawit, karet, coklat dan lain-lain.

Klien perusahaan, berasal dari dalam dan luar negeri. Seperti PT Astra Agro Lestari (perusahaan lokal) dan beberapa perusahaan asing dari Malaysia, Jepang, Cina dan lain-lain. Layanan yang diberikan perusahaan dimulai dengan memberikan konsultasi sejak investor berpikir untuk menanamkan modal di perkebunan dan terus melakukan pendampingan hingga perkebunan memberikan hasil yang diinginkan.

Layanan perusahaan, mulai bagaimana menilai wilayah baru, merencanakan wilayah itu untuk dibangun atau juga take over atau joint saham. Intinya, perusahaan dilayani dari niat investor untuk terjun ke bisnis perkebunan kelapa sawit, dari perencanaan, lokasi dan lain-lain.

Wawan Diasomantri adalah anak kedua dari tujuh bersaudara pasangan H Oyo Bahri Mangunjaya dan Hj Emin Rukmini. Dibesarkan di lingkungan wirausaha – keluarga besarnya terdiri dari pengusaha dalam skala kecil seperti tukang tahu dan tukang tempe- yang membuatnya berpikir seperti seorang pengusaha. Namun, karena berada di lingkungan wirausaha membuat ia tidak mendapat dukungan untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Sambil kuliah di ATENAS (Sekarang ITENAS) Bandung, Wawan memberanikan diri untuk menikah dengan Dra. Hj Nannie Iryani Rahayu pada tahun 1982. Saat itu kebetulan istrinya sudah lebih dahulu lulus kuliah dan bekerja sebagai guru SMA di Bandung. Sayangnya, ia hanya tahan kuliah dan bekerja selama enam tahun saja. Ia hijrah keJakartauntuk mencari kerja dan mendapatkan pekerjaan pertamanya di PT Astra Agro Niaga, sebuah perusahaan yang bergerak di perkebunan kelapa sawit. Perusahaan yang dimasukinya pada tahun 1987 tersebut merupakan cikal bakal perusahaan raksasa yang bergerak di perkebunan kelapa sawit, PT Astra Agro Lestari,Tbk

Pengalaman kerja Wawan sebetulnya lebih banyak di bidang survey irigasi, masalah-masalah ke-PU-an dan ketransmigrasian. Ia betul-betul merangkak dari bawah dalam meniti karier karena masih menggenggam gelar sarjana muda. Masa pengenalannya dengan bisnis kelapa sawit juga dimulai ketika masuk PT Astra Agro Niaga (sekarang PT. Astra Agro Lestari,Tbk) sebagai generasi pertama yang telah melakukan survey tinjau sekitar dua jutaan hektar yang sekarang telah tertanam sekitar dua ratus ribuan hektar.

Menurut Wawan, pengalaman dalam membuat perencanaan dan survey lahan banyak didapatkannya selama puluhan tahun bekerja. Dari situ, selain bekerja untuk perusahaan, rekan-rekannya di luar perusahaan sering meminta bantuan jasanya. Setelah permintaan semakin banyak, maka tahun 1996, ia mengundurkan diri dan mendirikan PT Warekon Geoperta Utama Sejati, perusahaan yang focus bergerak di bidang konsultan perkebunan, utamanya kelapa sawit.

Berbagai karya ilmiah selama menekuni pekerjaan sebagai konsultan telah lahir dari tangannya. Antara lain:

  • Pengukuran, Pemetaan untuk Irigasi di Jambi, Jember, Sulawesi
  • Pengukuran dan Pemetaan untuk Perumahan di Cilegon, Cirebon, Cilacap, dan sebagainya
  • Pengukuran dan Pemetaan untuk Transmigrasi di Riau, Kalimantan Selatan, Irian
  • Survai Trace Pipa Gas Pertamina
  • Survai untuk Konstruksi PLTA, di Saguling Kabupaten Bandung
  • Survai dan Desain untuk Proyek Perkebunan di lingkungan PT. Astra Agro Lestari, Tbk., PT. Meta Epsi (Medco), PT. Sumalindo, PT. Satria Gemareksa, PT. Tolan Tiga (Sipep), PT. Triputra Agro Persada, dll. Dengan total luas tidak kurang dari satu juta hektar
  • Technical Due Diligence untuk Perusahaan Besar Swasta Nasional maupun Internasional diantaranya ( ITOCHU, Japan, ZTE, China, TAL, India, IMC, Singapore, TNT, Malaysia, JULONG GROUP, China)

Atas inovasi, prestasi dan pencapaian perusahaan, Penghargaan Anugerah Citra Indonesia Kategori “Perusahaan Konsultan Sawit Terbaik” dipersembahkan kepada Wawan Diasomantri, Direktur Utama PT Warekon Geoperta Utama Sejati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s