Penghargaan “Rumah Sakit Dengan Pelayanan Terbaik” dipersembahkan kepada Rumah Sakit TK.III Lanud Atang Sendjaja Bogor

Letnan Kolonel (Kes) Dr. Agoes Tino S, Sp.B Finacs

Kepala Rumah Sakit TK.III Lanud Atang Sendjaja Bogor

Rumah sakit (Rumkit) TK III Lanud Atang Sendjaja Bogor merupakan sebuah rumah sakit milik TNI Angkatan Udara. Meskipun demikian, Rumkit TK III Lanud Atang Sendjaja Bogor ini juga memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan. Selain itu, sesuai dengan namanya, Rumkit TK III Lanud Atang Sendjaja Bogor tetap berusaha menjadi idaman bagi anggota dan keluarga TNI AU dalam layanan kesehatan dengan jargon “Melayani dengan Hati”.

Sesuai dengan motonya, “ATS – Akurat Terjangkau Sehat” Rumkit TK III Lanud Atang Sendjaja Bogor, memiliki jenis pelayanan dan fasilitas selayaknya rumah sakit modern. Adapun jenis pelayanan dan fasilitas yang dimiliki rumah sakit ini antara lain: Manajemen Administrasi dengan komputerisasi, keuangan, sistem rekam medis, UGD 24 Jam dan Poli Umum.

Rumkid TK III Lanud Atang Sendjaja Bogor juga memiliki poli spesialis yang terdiri atas:Bedah umum, Bedah saraf, Bedah Othopedi, Kandungan, Penyakit dalam, Anak, THT, Mata, Kulit dan kelamin, Saraf, Orthodentis dan Anestesi. Poli Gigi dan mulut, Akupunkture, Fisiotrapi serta BKIA dan dilengkapi juga dengan Unit Rontgen yang terdiri atas X-ray, USG, C-ARM.

Kemudian Unit Laboraturium, Instalasi farmasi/Apotik 24 jam, Rawat Inap, ICU, Kamar bersalin, Kamar Operasi, Kamar Jenazah, Ambulance, Kereta Jenazah, Aula Medika, kafe medika dengan dukungan kesehatan. Rumkit TK III Lanud Atang Sendjaja Bogor juga seringkali mengadakan kegiatan Bhakti Sosial untuk memberikan pertolongan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Semua itu sesuai dengan visi Rumkit TK III Lanud Atang Sendjaja Bogor yaitu:

“Rumah sakit terbaik dan bermutu bagi masyarakat kabupaten/kotamadya Bogor serta menjadi idaman anggota/keluarga TNI AU”

Adapun misi Rumkit TK III Lanud Atang Sendjaja Bogor adalah:

 Tempat pelayanan kesehatan terbaik, professional, bermutu dan terjangkau bagi masyarakat wilayah kabupaten/kotamadya Bogor

 Berperan aktif dalam pelayanan kesehatan sosial/bakti sosial kesehatan guna mendukung program pemerintah kabupaten/kotamadya Bogor

 Melaksanakan kegiatan preventif, kuratif dan rehabilitasi dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AU

Sedangkan tugas Pokok Rumkit Atang Sendjaja Bogor adalah sebagai berikut:

 Menyelenggarakan dukungan kesehatan dalam mendukung kegiatan operasi dan latihan TNI AU

 Melaksanakan tindakan preventif serta penunjang kesehatan dalam kegiatan rumah sakit

Saat ini Rumkit TK III Lanud Atang Sendjaja Bogor dipimpin oleh Letnan Kolonel (Kes) Dr. Agoes Tino S, Sp.B Finacs. Ayah empat orang anak -1.Grace Livia Nurul Husna, 2. Zola Gita Nurul Huda, 3. Reyhan Bilal Gilang Ramadhan, 4. Fairuuz Rachel Nurul Jannah dari pernikahannya dengan Novi Hermawati ini, terbilang orang baru di Bogor.

Meskipun demikian, pria kelahiran Cirebon, 30 Mei 1965 ini, sudah kenyang menangani berbagai pelayanan kesehatan di lingkungan TNI AU. Tercatat, ia adalah Ka. Unit Peny.Dalam RUSPAU ANTARIKSA HALIM JAKARTA 1994, Kepala Bagian PT. Pelita Air Service Indonesia 1996, Dokter Skuadron Udara Lanud Abdurahman Saleh Malang 1997, Ka. Klinik Bedah Rumkit Lanud Abdurahman Saleh Malang 2000, Kepala Rumah Sakit Abdul Malik Lanud Medan 2003, Ses Rumkit Tk. III Lanud Atang Sendjaja Bogor 2007.

Letnan Kolonel (Kes) Dr. Agoes Tino S, SB.B Finacs juga pernah ditugaskan dalam Operasi Militer Timor Timur, Lanud Baucau 1994-1995, Kontingen Garuda XIV F Eastren Slovenia (Bosnia) 1997 dan GOM Aceh 2003 s/d 2004. Tidak heran, berbagai penghargaan pernah diterimanya. Antara lain; SANTI DHARMA 1997, UNTAES Slovenia Medal 1997, MEDAL SERVICE Bosnia 1997, MADALI MEDAL Kontingen Garuda 14F 1997, Lencana Seroja 1995, Satya Lencana Kesetiaan TNI AU 8 Tahun 2001, Satya Lencana Kesetiaan TNI AU 16 Tahun 2011, Lencana GOM Aceh 2006 dan Lencana Dwistita 2011.

Atas pencapaian dan prestasi yang telah ditorehkannya, Penghargaan Anugerah Citra Indonesia Kategori “Rumah Sakit Dengan Pelayanan Terbaik” dipersembahkan kepada Rumah Sakit TK.III Lanud Atang Sendjaja Bogor dan Kepala Rumkit, Letnan Kolonel (Kes) Dr. Agoes Tino S, Sp.B Finacs.

One thought on “Penghargaan “Rumah Sakit Dengan Pelayanan Terbaik” dipersembahkan kepada Rumah Sakit TK.III Lanud Atang Sendjaja Bogor

  1. Saya sangat kecewa dengan pelayanan dan penangan pada kamar perawatan bayi di RS ATANG SENJAYA. Pasalnya saya Ibu yang melahirkan dengan operasi caesar di Rumkit ATS berdasarkan rekomendasi dari bidan Yuhani Soemantri dan dengan dokter Bedah dr.Alex
    Pada tanggal 22 januari 2013 pukul 00.15 WIB saya masuk kamar operasi dan berhasil menangkat bayi kembar yang kronologis sebelumnya kehamilan belum cukup bulan. Setelah selesai bayi
    kembar saya dibawa ke ruang perawatan bayi tersebut. Bayi saya yang
    dengan berat badan 1600 gr hanya masuk incubator sedangkan bayi satu lagi dengan berat 1500 gr harus menggunakan bantuan oksigen.
    Saya mendapat perawatan hanya 1×24 jam dan 3 hari berselang bayi
    saya yang 1600 gr bisa dibawa pulang. Dan yang 1500 gr masih
    diobservasi tapi pada saat suami saya menunggu bayi pada tanggal 27 januari 2013 bayi saya sudah bisa dilepas oksigen sekitar jam 20.00
    Dan jam 03.30 pagi tanggal 28 januari suami saya terbangun dari luar ruangan bayi mendengar anak saya menangis, sedangkan suster jaga yang berada di dalam tidak ada yang menangani sampai pada jam 04.10 bayi saya baru diberi susu. Bayangkan 40 menit bayi prematur dibiarkan menangis sampai mengeluarkan busa dari mulutnya.
    Saat shubuh suami saya masih melihat bayi saya tapi kenapa jam 6 suami saya mendapat kabar bayi saya sudah meninggal?
    Memang yang keluarga saya perhatikan selama menunggui bayi saya, tidak mendapat perawatan yang baik. Bayi saya menangis karena tidak betah dalam keadaan buang air besar sampai mengering ditubuhnya. Jenazah bayi saya di matanya ada lebam bekas benturan ke kaca incubator. Tubuhnya ada kebiruan, dan ini perawatan yang sangat fatal karena menyebakan bayi saya meninggal.
    Apa ini pantas untuk Rumkit yang menyandang predikat pelayanan terbaik? Dokter anaknya tidak mengobservasi dengan baik. Suster jaga pun lebih nyenyak tidur daripada merawat bayi.

Tinggalkan Balasan

