Penghargaan “The Most Improvement Institution” Untuk UMI Makassar

Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA

Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Keberadaan Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, yang telah berusia 56 tahun dan  merupakan salah satu universitas tertua  di Indonesia, dan sebagai Perguruan Tinggi Islam Swasta terbesar dan terkemuka di Kawasan Indonesia Timur. Kebesarannya tampak pada aspek keilmuan dan profesionalisme, yang diwarnai dengan etika, moral dan intelektual yang berlandaskan keislaman. Tidak heran jika UMI sampai saat ini tetap menjadi kebanggaan umat Islam di Indonesia Timur. Juga satu-satunya universitas swasta di Indonesia Timur yang sudah TERAKREDITASI INSTITUSI dari pemerintah Nomor: 036/BAN-PT/Ak-I/Ins/III/2008, dan UMI satu-satunya universitas swasta di Indonesia Timur yang diberi kepercayaan oleh pemerintah untuk menyelenggarakan Pendidikan Doktor (S-3).

UMI dengan ciri khasnya sebagai lembaga pendidikan dan dakwah mengemban tugas dan tanggung jawab yang lebih luas dan lebih berat dari sekedar menghasilkan sarjana, karena proses pendidikan di UMI memberi pengetahuan dan keterampilan sesuai disiplin ilmu yang digeluti, serta memberikan nilai plus kepada anak didiknya, melalui pengembangan aqidah, etika Islam dan pencerahan qalbu, sebagai pondasi dalam mengarungi masa depan. Kegiatan akademik di UMI  telah menerapkan standar jaminan mutu, sesuai standar yang telah ditetapkan oleh Pemerintah, Insya Allah UMI akan melahirkan sumberdaya manusia yang “UMI” (Unggul, Mutu dan Islami).

Komitmen dasar UMI yang senantiasa harus digelorakan adalah UMI merupakan aset umat, bukan milik pribadi atau golongan, kehadirannya telah banyak memberi manfaat bukan hanya bagi kalangan interen UMI melainkan juga kepada masyarakat umum. Pada periode kepemimpinan UMI tahun 2010-2014 civitas akademika UMI telah mencanangkan akan membawa UMI menuju World Class University (Universitas Berkelas Dunia).

Sejarah UMI

Kelahiran UMI berawal dari keprihatinan dan kegelisahan para tokoh masyarakat, dan alim ulama di Sulawesi, khususnya di Makassar, karena belum adanya perguruan tinggi Islam ketika itu, sedang penduduknya mayoritas muslim.  Kekhawatiran mereka mulai sirna ketika para tokoh masyarakat, alim ulama dan para raja (pemerintah) di Sulawesi sepakat untuk mendirikan lembaga pendidikan tinggi Islam yang bernama “Universitas Muslim Indonesia”. Penandatangan pendirian UMI dilakukan di Gubernuran Makassar  pada tanggal 23 Juni 1954 bertepatan dengan 22 Syawal 1373 H.

Nama Universitas Muslim Indonesia  bermakna universitas yang membina umat Islam, dalam bahasa arab disebut Jamiatul Muslimina Indonesiyah yang bermakna gerakan yang menghimpun umat Islam sedangkan dalam bahasa Inggris Muslim University of Indonesia yang bermakna universitas milik umat Islam Indonesia.

Saat ini, Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar dijabat oleh Prof. Dr. Hj Masrurah Mokhtar, MA dengan masa jabatan amanah antara tahun 2010-2014. Prof. Masrurah adalah pejabat rektor ke-11 UMI Makasar dan satu-satunya Rektor perempuan semenjak UMI berdiri. Atas pencapaian, perjuangan dan prestasi  yang telah direngkuhnya selama ini, penghargaan Indonesian Improvement Award Kategori “The Most Improvement Institution” dipersembahkan kepada Prof. Dr. Hj Masrurah Mokhtar, MA., Rektor Universitas Muslim Indonesia Makassar. Selamat dan sukses……………

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s