Sukses Bisnis Dengan ATM

Cara tepat untuk menjadi sukses adalah dengan belajar dari ahlinya. Orang-orang yang telah berhasil bisa menjadi pelajaran bagi generasi muda. Jejak-jejak langkah suksesnya terekam dengan baik dalam buku-buku, tulisan dan berita mengenai sosoknya di berbagai media.

Sebagai generasi muda yang memiliki harapan besar untuk sukses di masa depan bisa belajar dari sana.  Mengamati perjalanan dan perjuangan mereka dalam membangun kerajaan bisnis bisa dilakukan pada tahap ini. Bahkan, meniru apa yang dilakukan orang-orang sukses itupun sah-sah saja. Asalkan, tidak lupa melakukan modifikasi sesuai passion masing-masing.

Jadilah generasi muda membangun bisnis dengan ATM (Amati – Tiru  – Modifikasi) yang banyak dianjurkan bagi pebisnis pemula. Tinggal bagaimana kemauan dan kerja keras mereka untuk berjuang menuju kesuksesan. Dengan tetap berkiblat pada kesuksesan tokoh panutannya yang tidak pelit berbagi ilmu.

Nah, berikut ini adalah tips sukses yang patut ditiru dari orang paling kaya di Asia. Perjalanan hidupnya pun sangat inspiratif, berangkat dari keluarga sederhana yang dibesarkan tanpa sosok seorang ayah. Di puncak kariernya, ia adalah sosok pebisnis dermawan seperti juga Bill Gates dan Warren Buffet.  

8 Tips Sukses dari Orang Paling Kaya di Asia 

Li Ka-Shing menjadi orang Asia paling kaya versi Forbes 2012. Ia juga masuk jajaran 10 besar orang paling kaya di planet bumi, bersama dengan taipan lain seperti Bill Gates dan Warren Buffett.

Ia memulai hidupnya dari sebuah keluarga sederhana dan dibesarkan tanpa sosok seorang ayah sebelum akhirnya menjadi pebisnis dan orang paling dermawan di Asia. Bagi warga Asia, Li Ka-shing merupakan sosok yang ideal untuk dituruti.

Sudah banyak buku yang menceritakan bisnis dan kehidupannya, kebanyakan diterbitkan dalam bahasa mandarin hampir semuanya dilakukan oleh pihak ketiga. Buku-buku ini banyak memenuhi toko buku, layaknya buku-buku soal Warren Buffet di Amerika Serikat (AS).

Yayasan miliknya, yang bernama Li Ka Shing Foundation, mengumpulkan beberapa pepatah atau tips yang merepresentasikan kehidupan sang taipan. Seluruh tipsnya ini, seperti dilansir dari Forbes, Jumat (9/3/2012), pernah diucapkan langsung oleh CEO Cheung Kong Holdings Limited dan Hutchison Whampoa Limited ini di masa lalu:

  1. Sebagai pemimpin, seseorang harus lebih sering menghabiskan waktu merencanakan masa depan
  2. Jangan terlalu optimis ketika pasar sedang bagus, jangan pula terlalu pesimis ketika pasar sedang buruk
  3. Reputasi yang bagus bagi perusahaan dan diri anda adalah aset berharga yang tidak ternilai meski tidak tertulis dalam laporan keuangan
  4. Tidak peduli betapa kuat atau ahlinya anda di satu bidang, jika anda tidak punya hati dan niat yang kuat, anda tidak akan sukses
  5. Untuk menjadi manajer yang baik, sikap dan kemampuan adalah bahan dasar yang harus seimbang. Seorang pemimpin bisa memberi inspirasi kepada bawahannya, sementara seorang bos mendominasi bawahannya sehingga mereka merasa kecil.
  6. Rumus untuk bisa sukses itu sulit ditemukan, anda pun harus hati-hati karena tanda-tanda kegagalan justru tersebar di mana-mana. Membangun sebuah fondasi yang bisa meminimalisir kegagalan sudah terbukti bisa menjadi jalan pintas menuju kesuksesan.
  7. Seorang manajer yang sukses adalah yang bisa membaca bakat orang lain. Tak hanya mereka bisa memilih orang yang lebih pintar dari dirinya, tetapi juga bisa menghindari memilih karyawan yang terlalu bangga akan dirinya melebihi keahlian aslinya.
  8. Seni sebuah manajemen yang bagus terletak dalam kapasitasnya menerima tantangan, serta kemampuannya melebur pemikiran baru dan lama.

(dikutip sesuai aslinya dari http://finance.detik.com/read/2012/03/09/082741/1862152/479/8-tips-sukses-dari-orang-paling-kaya-di-asia?f9911013 )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s