Menyenangkan Karyawan, Menguntungkan Perusahaan

Bagi pemilik perusahaan, produktivitas karyawan sangat menentukan kemajuan usaha. Karyawan dalam sebuah perusahaan merupakan faktor penting. Tanpa karyawan, perusahaan tidak bisa menjalankan seluruh aktivitasnya.

Diperlukan perlakuan khusus untuk membuat karyawan “betah” bekerja di perusahaan. Selain betah, kinerja yang baik dari karyawan akan meningkatkan produktivitas perusahaan. Loyalitas karyawan membuat mereka memberikan kualitas pekerjaan terbaik untuk perusahaan. Karena itu juga memiliki efek terhadap kehidupan karyawan dan keluarganya menjadi sejahtera.

Nah, untuk membangun loyalitas karyawan diperlukan berbagai langkah yang harus dilakukan pemilik usaha. Terjalinnya hubungan yang harmonis antara karyawan dan perusahaan, membuat kedua belah pihak sama-sama beruntung. Karyawan senang, kinerja perusahaan meningkat dan menuai keuntungan berlipat.

Berikut adalah cara-cara yang harus ditempuh:

  1. Membuat karyawan puas dengan gaji  ‘take home pay’ yang baik
  2. Membebaskan karyawan untuk berkreasi. Setiap karyawan dipersilahkan melemparkan idenya dan menjalankan ide tersebut sepanjang idenya dapat meningkatkan kinerja dan keuntungan kepada perusahaan
  3. Pendekatan secara personal kepada karyawan. Pendekatan personal kepada karyawan sangatlah perlu, kadang persoalan-persoalan personal yang sedang dialami karyawan akan berpengaruh kepada kinerjanya
  4. Murah memberikan pujian. Pujian dapat dilakukan setiap hari dan sesegera mungkin, atas keberhasilan karyawan dalam melaksanakan tugas dengan baik (tidak harus tugas besar)
  5. Tolok ukur, result oriented, sebagai pemimpin yang dapat kita lihat dan ukur adalah hasilnya, hasil dari pekerjaannya. Hasil yang dicerminkan oleh kepuasan pelanggan dan peningkatan pendapatan perusahaan. Berikan kepercayaan dan kebebasan kepada karyawan untuk menjalankan sesuai ‘mood’ yang disukainya
  6. Galilah potensi dan bakat karyawan kita, tempatkan dan berikan pekerjaan yang sesuai dengan kesenangannya tersebut. Biar jadikan kesenangannya ini menjadi sebuah tantangan untuknya dan delegasikan pekerjaan penting kepada mereka.
  7. Peduli dengan personal goal karyawan. Adanya personal goal di setiap karyawan akan memperkuat tercapainya company goal/visi. Personal goal tersebut akan sangat penting untuk kemajuan perusahaan.
  8. Sampaikan ucapan selamat dan jabat tangan penuh ketulusan atas prestasi karyawan
  9. Terus berpikir positif. Buatlah aura positif dan kondusif dilingkungan perusahaan kita. Semua budaya perusahaan tercipta dari kebiasaan-kebiasaan para pemimpinnya. Maka terus bangun hal-hal positif dilingkungan kita  (Disarikan dari UKMSUKSES)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s