Delapan Teknik Promosi Usaha Berbiaya Murah

Persaingan dalam dunia usaha sangat ketat. Yang dihadapi, tidak hanya pesaing yang satu level tetapi juga perusahaan konglomerasi multinasional. Nah, bagi UKM yang usahanya baru berjalan atau baru mulai tentu sangat berat dalam menghadapi persaingan seperti itu.

Untuk itu, diperlukan system promosi yang tepat dengan budget serendah mungkin. Namanya juga baru mulai usaha, dengan modal yang (kadang) tidak terlalu besar sehingga anggaran harus difokuskan pada hal-hal yang lebih urgent.

Salah satu bentuk promosi yang sangat efektif untuk mendongkrak kemajuan usaha adalah melalui dunia maya. Internet yang sudah menjadi kebutuhan setiap orang, memudahkan promosi usaha yang nyaris tanpa biaya. Melalui aktivitas di internet yang selalu update, pelanggan atau calon pelanggan akan mengetahui dan terus mengikuti perkembangan usaha.

Betikut ini adalah artikel di http://finance.detik.com/read/2012/02/24/075857/1850452/4/8-cara-murah-promosikan-bisnis-anda yang membahas mengenai 8 cara murah promosi usaha. Selamat menyimak semoga bermanfaat.

Ketika anda memulai usaha sendiri, tantangan paling besar adalah menunjukkan bahwa perusahaan anda eksis diketahui masyarakat. Jika sudah diketahui dengan baik, tinggal mengatur bagaimana mempertahankan merek di mata konsumen. Hal yang bisa anda lakukan untuk mempertahankan keberadaan anda adalah dengan promosi.

Tenang, di jaman yang serba maju ini anda bisa menekan biaya atau bahkan gratis untuk melakukan promosi. Seperti dikutip dari CNBC, Jumat (23/2/2012), berikut ini adalah 8 cara mudah dan murah yang bisa anda lakukan untuk promosikan bisnis Anda:

1. Pertahankan aktifitas di dunia maya Banyak perusahaan yang membuat halaman Facebook atau LinkedIn tapi tidak pernah diurus dengan baik dan dibiarkan begitu saja. Jika tidak ada aktifitas di halaman dunia maya anda, maka eksistensi Anda tidak akan diketahui

Secara rutin update halaman jejaring sosial anda. Cari sesuatu yang bisa menarik pelanggan, seperti diskon untuk mereka yang me-‘like’ halaman Facebook anda atau yang sering me-‘retweet’ kicauan anda. Dengan banyaknya aktifitas di dunia maya, perusahaan anda lebih mudah ditemukan oleh situs mesin pencari.

2. Biarkan website bercerita tentang perusahaan Anda

Supaya tidak repot untuk menjelaskan perusahaan anda kepada pelanggan, rancanglah sebuah situs resmi yang mudah diakses. Seritakan secara lengkap latar belakang berdirinya perusahaan sampai masalah-masalah yang sudah pernah dilewati. Harapannya, pelanggan bisa mengerti jenis bisnis serta target dari perusahaan anda. Libatkan juga komentar-komentar atau penilaian yang diberikan oleh konsumen di situs anda untuk memberikan gambaran dari sisi pelanggan.

3. Lakukan survey pelanggan

Banyak situs yang menyediakan jasa survey, seperti Survey Monkey and Zoomerang, yang bisa membantu anda mencari efek balik dari konsumer. Selain itu, dengan melakukan survey maka perusahaan anda akan makin dikenal pelanggan. Lakukan survey tersebut secara berkala tapi jangan terlalu sering. Kelebihan survey ini juga membuat anda lebih mudah dalam mendiversifikasi produk atau jasa yang anda jual. Masukan hasil survey ini ke situs atau laman Facebook anda, sekalian sebar juga ke email para pastisipan sehingga mereka tahu hasilnya seperti apa.

4. Diliput media massa

Jika anda punya pelanggan yang baik dan puas akan perusahaan anda, mintalah ia menyebarkan berita tersebut dari mulut ke mulut. Dalam jangka panjang, semoga kabar dari mulut tersebut sampai ke telinga wartawan yang penasaran seperti apa bisnis yang anda jalankan. Tidak perlu mengejar media besar, untuk awal tidak ada salahnya untk diberitakan oleh media kecil dengan skala lokal. Bahkan sebuah media yang kecil pun punya imbas cukup besar bagi eksistensi anda. Siapa tahu suatu saat bisnis anda bisa masuk untuk diberitakan oleh media besar jika anda cukup sabar.

5. Jadilah ahli di bidangnya

Pertajam terus keahlian anda di bidang yang sesuai dengan bisnis dan perusahaan anda. Dengan menjadi ahli atau seorang profesional, kesempatan publikasi secara gratis bisa datang kapan saja. Anda bisa menjadi pembicara di seminar, menjadi konsultan dadakan bagi mereka yang baru memulai bisnis serupa, bahkan menjadi nara sumber di sebuah berita. Anda juga bisa ikut gabung dalam sebuah asosiasi untuk memperdalam ilmu dan berbagi pengalaman. Selain membuka peluang rekanan bisnis baru, bergabung dalam asosiasi juga bisa memperlebar usaha dan basis pelanggan anda.

6. Barter Jasa Dalam promosi anda bisa melakukan barter jasa, artinya perusahaan anda mendapat promosi di perusahaan yang bekerja sama, begitu juga sebaliknya. Ini merupakan salah satu cara yang tidak memerlukan banyak biaya dalam berpromosi, karena situasinya sama-sama menang (win-win solution).

7. Beri sumbangan Memberi sumbangan atas nama perusahaan bukan berati tidak ikhlas atau memanfaatkan situasi, tapi anggaplah sumbanga tersebut sebagai corporate social responsibility (CSR) alias program sosial dan bina lingkungan yang biasa dilakukan perusahaan-perusahaan besar. Berhubung perusahaan yang anda bangun baru saja mulai dan masih tumbuh jadi tidak ada salahnya untuk memberikan sumbangan atau donasi supaya bisa lebih dikenal lagi. Calon pelanggan potensial juga biasanya akan lebih mudah melihat dan menilai anda dari program tersebut.

8. Rambah Wikipedia Jika bisnis anda sudah mulai jalan dan punya pengaruh yang cukup lumayan di industrinya, berarti sudah layak untuk masuk di Wikipedia. Pengaruh situs ini sangat besar terhadap reputasi, merek, kredibilitas terutama bagi anda si pendiri.

Masuk dalam Wikipedia juga mempermudah anda diketahui dalam situs mesin pencari. Tentunya anda harus bekerja keras terlebih dahulu untuk bisa masuk ke dalam situs bergengsi tersebut. Pasalnya, anda tidak bisa meng-update tulisan perusahaan anda sendiri di situs tersebut tetapi hanya pihak ketiga yang bisa.

Selamat mempraktekkan dan sukses akan menyertai…..

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s