Penerima Penghargaan Indonesian Creativity Award Kategori “The Best Innovative Company”

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.


Abbi Angkasa Perdana, BMec. Sc
Presiden Direktur PT Satu Solusi Intermedia Utama

Sebuah peristiwa layaknya dalam film gangster telah mengubah jalan hidup Abbi Angkasa Perdana, BMec. Sc., Presiden Direktur PT Satu Solusi Intermedia Utama. Sepucuk pistol yang menempel di pelipisnya dari seorang debt collector hampir saja menghancurkan masa depannya. Beruntung, si pemegang senjata tak menarik pelatuknya setelah menerima penjelasan dan komitmen yang diutarakannya.

Setelah menyerahkan seluruh data diri, latar belakang dan alamat orang tua, ia dilepaskan. Janji untuk membayar hutang sebesar Rp160 juta pun terlontar kepada debt collector tersebut meskipun yang dipunyai hanya asset senilai Rp8 juta. Saat itu, ia mengalami penipuan oleh sebuah perusahaan fiktif terkait pembelian 20 unit komputer lengkap dengan software Microsoft.

Terlanjur percaya, Abbi berani mengajukan order utangan pada sebuah distributor komputer di Harco Mangga Dua. Tentu saja perusahaan yang memberi utangan tidak peduli atas musibah yang menimpanya, ia tetap dipaksa untuk melunasi hutang. Pada saat bersamaan, ia harus segera berangkat ke Australia untuk melanjutkan kuliah di Faculty of Medicine University of Melbourne. Untung pemberi hutang masih percaya bahwa Abbi akan mampu melunasi hutang-hutangnya.

Di Australia Abbi kerja serabutan untuk melunasi utang. Abbi pernah menjadi tukang sapu di Telstra Dome, Melbourne, dengan bayaran Aus$ 30/jam. Selain itu, ia juga menjadi petugas pembuka-penutup toko, dengan bayaran Aus$ 10/hari. Bahkan, ia pun pernah berjualan jus buah. Kerja apapun dilakukan, hasilnya saat pulang ke Indonesia ia justru surplus Rp40 juta. Bonusnya, seluruh hutangnya pun menjadi lunas.

Selain itu, pemberi utang akhirnya malah kagum dengan komitmen Abbi. Namanya menjadi pembicaraan di kalangan rekan-rekan bisnis pemberi utang. Abbi dan mereka pun kemudian berteman, dan menjalin bisnis. Dari sini, Abbi memberanikan diri membuat badan hukum bernama PT Satu Solusi Intermedia Utama. Dengan memiliki perkawanan dengan jaringan distributor komputer, bisnisnya berkembang. Pada 2007 karyawannya menjadi 26 orang.

Bisnis Abbi, dari semula hanya maintenance dan menjual komputer pun berkembang ke aneka bidang. Khusus untuk bidang IT shop, ia punya merek One Shop dan situs JuraganGadget.com. Selain toko online, ia juga membuka beberapa toko komputer di Harco Mangga Dua, Blok M, Utan Kayu dan Botani Square. Klien korporatnya kini antara lain BNI, Asuransi Sinarmas, Yamaha, Daihatsu, GT Radial dan Anne Avantie.

Seiring berjalannya waktu, Abbi mendirikan holding company Grup Angkasa. Dalam grup itu kini bernaung CV Alia Solusi Integrasi (percetakan), CV Perdana Putra Computer (solusi TI), CV Prima Varia Perdana (manufacturing & ritel), PT Gerbang Berkah Solusi Internasional (parking management), The Upstairs (furnitur), PT Green Solution Perdana (produsen lampu LED), dan PT Angkasa Digital Media (pengembangan dan manajemen web serta kampanye media sosial).

Secara grup, omset per tahun mencapai Rp30 miliar padahal saat memulai usaha Abbi hanya dengan modal Rp200 ribu saja. Abbi menargetkan, tahun 2015 perusahaan mlk IPO sekaligus menjadikannya sebagai pemilik perusahaan termuda yang melakukan penawaran saham perdana.

Ayah dua anak, Ashraf dan Riffat dari pernikahannya dengan Rena Sarah Oktiviyani tahun 2009 ini memiliki aktivitas yang luar biasa. Antara lain, Ketua Bidang Ekonomi DPP Gema 165 tahun 2010, Ketua YESC Indonesia Periode 2008-2012, Anggota Hipmi bidang Pengembangan Kewirausahaan Angkatan 4-2010.

Selain itu, Abbi Angkasa Perdsana juga Pendiri Angkasa Group, Pendiri & President Director PT Satu Solusi Intermedia Utama serta Founder GB Parking Solusi Integrasi,
Author Program “Memulai Usaha APAPUN dengan tekad bulat dan modal uang Rp200.000,-”. Berkat kepiawiannya dalam berwirausaha, sepanjang tahun 2009-2010 diminta sebagai trainer pengembangan UMKM di Deperindag.

Atas prestasi, pencapain dan komitmen yang telah ditunjukkan selama ini, penghargaan Indonesian Creativity Award Kategori “The Best Innovative Company” dipersembahkan kepada Abbi Angkasa Perdana, BMec. Sc., Presiden Direktur PT Satu Solusi Intermedia Utama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s