Membangun Perusahaan Perkapalan Tanpa Kapal

Auke Engel, BSc
Presiden Direktur PT Bahtera Marina Perkasa

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Tanpa memiliki kapal satupun, Auke Engel, BSc mendirikan PT Bahtera Marina Perkasa pada tahun 1998 dan memulai usaha pada bidang jasa pelayaran. Berbekal keberanian, semangat dan kemauan yang kuat, melalui jaringan yang dimiliki serta dukungan latar belakangnya yang memiliki banyak pengalaman dalam bidang jasa pelayaran milik pemerintah, ia terus memacu bisnis ini.

Dengan didukung oleh peraturan perundang-undangan serta pasar yang semakin luas, perlahan namun pasti target pemasaran PT Bahtera Marina Perkasa tercapai. Dari situ, terbukalah kesempatan untuk mengembangkan bisnis dan perusahan sebaik mungkin. Dalam rentang waktu lima tahun (2003) perusahaan memiliki 1 set Tug Boat dan Tongkang sendiri. Saat ini, perusahaan memiliki 6 Tug Boat dan 5 Tongkang serta telah menangani lebih dari 400 proyek di dalam negeri maupun di luar negeri.

Cakupan layanan PT Bahtera Marina Perkasa adalah jasa transportasi laut, domestik maupun internasional. Dengan adanya perluasan jaringan kerja di Banjarmasin, Batam, Batu Licin, Bintuni/Babo, Bontang, Makassar Malili, Merak-Banten, Merauke, Palu, Samarinda, Sorong, dan Tg. Priok, perusahaan telah mendapat kepercayaan dari berbagai pelanggan. PT Bahtera Marina Perkasa memiliki komitmen untuk menjadi partner kerja yang terpercaya, memberikan excellent service dan harga yang dapat dinegosiasikan. Selain itu, PT Bahtera Marina Perkasa menjunjung nilai-nilai kejujuran, kepercayaan dan saling menghargai, bertanggung jawab dan professional.

PT Bahtera Marina Perkasa sejak Juli 2000 telah bergabung dengan Indonesian National Ship Owners Association (INSA) (Persatuan Pelayaran Niaga Indonesia). Perusahaan mengusung visi “Menjadi perusahaan transportasi laut yang terkemuka di regional yang fokus pada sumber usaha, berorientasi pada kepuasan pelanggan, dan peningkatan nilai perusahaan secara berkelanjutan di mata seluruh stakeholder”.

Adapun misi PT Bahtera Marina Perkasa adalah sebagai berikut:
• Menyediakan jasa transportasi laut dengan cakupan global meliputi tujuh benua dan tujuh samudera
• Meningkatkan networking kepada seluruh pihak terkait yang mendukung usaha
• Meningkatkan service excellent kepada pelanggan, yaitu pelayanan tepat waktu, tepat harga, dan tepat informasi (real time information)
• Meningkatkan kinerja proses bisnis internal melalui manajemen organisasi yang efisien, tangguh dan iklim kerja tim yang professional didukung oleh penerapan IT
• Meningkatkan upaya pemeliharaan sumber bisnis berupa kapal secara ketat dan terjadwal

Filosofi perusahaan berangkat dari bentuk symbol bendera dunia pelayaran. Di mana logo PT Bahtera Marina Perkasa menggunakan bentuk dasar dari tujuh bendera yang menyimbolkan PT Bahtera Marina Perkasa adalah perusahaan jasa yang mengarungi tujuh samudera dan berlabuh di tujuh benua. Warna biru pada bagian bawah bendera melambangkan laut, dan warna emas pada bagian atas bendera melambangkan keberhasilan dan kesuksesan. Dengan kombinasi bentuk dasar dan warna logo ini, PT Bahtera Marina Perkasa dapat mencapai keberhasilan dan kesuksesan dalam bisnis.

Bisnis jasa transportasi laut adalah bisnis yang penuh dengan tantangan, selayaknya laut yang keras, penuh dengan resiko dan tantangan. Namun semua itu tidak menghalangi niat perusahaan untuk melakukan yang terbaik bagi customer. Artinya perusahaan siap melayari tujuh samudera dan melewati tujuh benua dengan tujuh nilai sebagai prinsip bisnis PT Bahtera Marina Perkasa yaitu:
B elief
A daptive and flexible
H ighest Endurance
T eamwork
E xcellent Service
R esponsibility
A ccurate

Oleh karena itu, atas keberanian, prestasi dan pencapaiannya, penghargaan Indonesian Creativity Award Kategori “The Best Innovative Marine Company” dipersembahkan kepada Auke Engel, BSc., Presiden Direktur PT Bahtera Marina Perkasa. Selamat……….

One thought on “Membangun Perusahaan Perkapalan Tanpa Kapal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s