Lifetime Achievement Award Dipersembahkan Kepada Prof. DR. Hj Hamilah DK,Drg., SpOrt

Prof. DR. Hj Hamilah DK., Drg, SpOrt

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.


Prof. DR. Hj Hamilah DK., Drg, SpOrt menghabiskan masa pendidikan pada tiga zaman, penjajahan Belanda, Jepang dan pergolakan kemerdekaan. Berasal dari keluarga pendidik, membuat ia terpacu untuk terus menyelesaikan pendidikan meskipun penuh kendala. Ia dan keluarga besarnya berpindah-pindah tempat untuk menghindari pertempuran.

Menyelesaikan pendidikan SMA di Bandung, Prof. Hamilah kemudian melanjutkan pendidikan di Fakultas Kedokteran Gigi Univresitas Gajah Mada Yogyakarta. Saat itu, UGM merupakan satu-satunya perguruan tinggi yang memiliki fakultas kedokteran gigi yang terdiri atas Kedokteran Gigi dan Farmasi (FKKGF). Silabus yang dipergunakan di FKG masih sangat sederhana dan tidak secanggih sekarang. Ilmu kedokteran gigi hanya mempelajarai tiga masalah pokok saja, cabut gigi, nambal gigi, perataan gigi dan pembuatan gigi palsu.

Adik dari Prof. Dr. Iwa Koesoemasoemantri, SH –mantan Rektor Unpad Bandung dan Menteri Negara Kabinet Dwikora- ini ditugaskan menjadi staf pengajar di Universitas Padjadjaran Bandung. Sempat menjadi Wakil Dekan (III dan I) FKG Unpad, ia menjalani sertifikasi Ortodonti Kanagawa Dental College – Japan. Prof. Hamilah kemudian diangkat sebagai Dekan FKG Unpad saat usianya menginjak 40 tahun.

Prof. Hamilah mengundurkan diri dari jabatan Dekan FKG Unpad Bandung setelah menikah. Untuk sementara waktu, urusan keluarga menjadi prioritas utama dan menjadi pekerjaan sehari-hari. Namun, panggilan jiwa sebagai pendidik tetap mengelora dalam hidupnya. Tawaran untuk menjadi staf pengajar paruh waktu di FKG Universitas Trisakti pun diterimanya.

Setelah beberapa tahun, Prof. Hamilah diangkat sebagai dosen tetap di universitas swasta terkemuka tersebut. Sebagai ahli ortodenti, Prof. Hamilah adalah penggagas lembaga riset di FKG Usakti, penyelenggaraan forum ilmiah serta berkat tulisan-tulisannya Majalah Ilmiah Kedokteran Gigi Usakti diterbitkan. Prof. Hamilah juga menyelenggarakan metoda scientific writing kepada dosen muda Usakti.

Di Usakti, karier Prof. Hamilah terus berkembang. Jabatan Lektor Kepala hingga Dekan FKG Usakti disandangnya. Setelah melanjutkan gelar doctoral di FKG UGM, Prof. Hamilah dikukuhkan sebagai Profesor Ilmu Ortodenti dari Mendiknas (1993) dan Guru Besar Usakti satu tahun kemudian. Sebelum pensiun pada tahun 1999, Prof. Hamilah adalah Ketua Program Magister Ilmu Kedokteran Gigi Usakti.

Meskipun sudah pensiun, Prof. Hamilah tetap dipertahankan sebagai tenaga pengajar di Usakti (seperti Guru Besar Emeritus di perguruan tinggi negeri). Berbagai masalah kesehatan yang menimpa dirinya dan suaminya, “memaksa” Prof. Hamilah mengundurkan diri dari dunia pendidikan pada usia 77 tahun.

Kini di usianya yang memasuki 82 tahun, Prof. Hamilah masih membaca buku dan menulis journal. Saat ini, ia lebih banyak menulis buku ilmiah dan menghasilkan empat buah buku sejak pensiun pada tahun 2004. Selain itu, perempuan enerjik ini menulis puisi dan melukis (pernah mengadakan pameran lukisan di ITC).

Atas pengabdian dan dedikasinya yang sangat tinggi di dunia pendidikan kedokteran gigi, penghargaan Indonesian Creativity Award kategori Life Time Achievement dipersembahkan kepada Prof. DR. Hj Hamilah DK., Drg, SpOrt. Selamat dan sukses……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s