The Best Inspiring Tourism Hotel 2011 Untuk PT Alit Beach Bungalow

Anak Agung Ngr Agung Cipta Yadnya
Owner PT Alit Beach Bungalows

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.


Anak Agung Ngr Agung Cipta Yadnya adalah owner Alit Beach Bungalows yang berdiri sejak tahun 1972. Ayahnya, I Gusti Putu Alit adalah pendiri sekaligus pemilik hotel dengan konsentrasi pada bungalow. Saat itu, ayahnya telah melakukan promosi ke berbagai negara. Seiring perjalanan waktu, setelah hampir 40 tahun mengelola hotel dan bungalow ayahnya memutuskan pension dan menyerahkan kepemilikan kepada Agung Cipta, anak ke-4 dari enam bersaudara.

Di tangan pria kelahiran Denpasar, 1 Mei 1964 ini, hotel mengalami renovasi karena sebagian sudah uzur dimakan usia. Hampir semua dibongkar dan dibangun kembali dengan desain baru mengikuti perkembangan hotel internasional. Insting bisnis lulusan
Department Business and Commerce sebuah universitas di Tokyo, Jepang untuk program S1 dan S2. Setelah itu, ia diterima bekerja di perusahaan minyak di Tokyo dan menikahi gadis asal Jepang.

Pasca menikah, Agung Cipta memutuskan untuk kembali ke Indonesia dan memilih Jakarta sebagai tempatnya berlabuh di tanah air. Di ibukota, ia mendirikan perusahaan supplier pengawet makanan produksi sebuah perusahaan Jepang dengan merek Wonder Keep. Menuruti permintaan orang tua, ia dipanggil untuk melanjutkan mengurus hotel dan kembali ke Bali.

Awalnya, ayah tiga anak hasil pernikahannya dengan Miyoko Kowabata ini diminta membenahi dan merenovasi hotel di Tuban. Setelah dianggap berhasil mengangkat hotel di Tuban menjadi cukup representative dan menguntungkan, ia ditugaskan untuk menangani Alit Beach Bungalows.

Sebagai generasi penerus dalam bisnis perhotelan, Agung Cipta memiliki misi untuk merenovasi semua peninggalan orang tua tersebut. Meskipun harus dilakukan selangkah demi selangkah (step by step), ia terus berupaya untuk memperbaikinya. Tujuannya hanya satu, karena hotel merupakan perusahaan keluarga maka ia berusaha melestarikan hotel demi kepentingan keluarga besarnya.

Sebagai pengusaha, insting bisnis Agung Cipta sudah menarik-nariknya untuk membuka usaha di bidang yang lain. Apalagi dalam dengan pengalaman yang sudah dimiliki dan melihat peluang yang terhampar di tanah kelahirannya, banyak bidang usaha lain yang cukup menjanjikan. Namun, karena tanggung jawab sekaligus beban tugas memaksanya untuk tetap bertahan di Alit Beach Bungalows.

Dalam menghadapi persaingan dengan kompetitor, menurut Agung Cipta semua memiliki karakter masing-masing yang berbeda. Sementara Alit Beach Bungalows, mengedepankan dan mengutamakan tamu yang tinggal dalam waktu panjang atau long stay. Sasaran dari program ini adalah banyaknya orang-orang pensiunan di negara-negara Eropa yang memilih tinggal di luar negerinya sendiri seperti Thailand, Malaysia atau Singapura.

Menurut Agung Cipta, belakangan Bali menjadi pilihan sehingga banyak tamu yang tadinya tinggal di Thailand kemudian pindah. Di Bali hotel dengan model apapun sudah dan masing-masing memiliki taste tersendiri. Alit Beach Bungalow menyajikan hotel dengan nuansa Bali yang sangat kental.

Anak Agung Ngr Agung Cipta Yadnya memiliki rencana jangka pendek untuk membuat hotel miliknya menjadi berstandar internasional. Namun demikian, ia tetap mempertahankan nuansa Bali yang terlanjur melekat pada usaha yang telah ditekuni selama puluhan tahun ini. Selain itu, dalam jangka panjang ia juga ingin meningkatkan profesionalisme dalam pengelolaan serta manajemen hotel. Di sisi lain, ia ingin memanage hotel secara struktural dan modern dengan tetap berlandaskan pada semangat kekeluargaan.

Menurut Agung Cipta, potensi Indonesia khususnya di bidang pariwisata ke depan masih sangat terbuka. Dengan pengelolaan yang baik, kerjasama harmonis antara pemerintah dan swasta, akan menjadikan dunia pariwisata Indonesia menjadi tumpuan dalam pendapatan nasional. Apalagi, pendidikan penunjang pariwisata pun semakin digalakkan pemerintah untuk mencetak tenaga-tenaga muda profesional di bidang pariwisata.

Agung Cipta menegaskan bahwa kunci kemajuan bangsa berada pada generasi muda. Mereka harus memiliki arah dan tujuan yang jelas untuk mengembangkan dirinya masing-masing. Generasi muda harus menjalani tujuan hidupnya dengan fokus dan konsisten. Apalagi, generasi muda sekarang memiliki akses informasi yang sangat terbuka. Mereka memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan bakat dan kemampuan yang mereka miliki. Pasalnya, tidak adanya kemauan kuat pada diri generasi muda membuat kemajuan bangsa terhambat. Padahal, peluang, waktu, kesempatan semua terbuka lebar di depan mata.

Maka atas kiprah, prestasi, inovasi, inspirasi dan pencapaiannya, penghargaan Indonesian Inspire Award 2011 Kategori “The Best Inspiring Tourism Hotel 2011” diberikan kepada Anak Agung Ngr Agung Cipta Yadnya, Owner PT Alit Beach Bungalows. Selamat dan sukses……….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s