The Best Inspiring Company Untuk PDAM Delta Tirta Sidoarjo

H Djajadi, SH, MM
Direktur Utama PDAM Delta Tirta Sidoarjo

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.


Moto “Excellent Company Excellent Services” yang diusung PDAM Delta Tirta Sidoarjo benar-benar sesuai kenyataan di lapangan. Dengan menjadi sebuah perusahaan daerah yang bagus dan memberikan servise yang baik telah membawa perusahaan ini sangat maju. Selain kepuasan pelanggan yang sekarang berjumlah 91.945 rumah tangga, berbagai penghargaan diberikan.

Apalagi jumlah kebocoran atau tingkat kehilangan air terhitung kecil yakni hanya 30,57 persen. Ini sesuai dengan visi dan misi PDAM Delta Tirta Sidoarja, “Menjadi Percontohan di Tingkat Nasional” dengan misi “Menjadikan PDAM Sehat dan Pelayanan Prima”.

Laba bersih yang berhasil dibukukan oleh PDAM Delta Tirta Sidoarja pun sangat tinggi. Tercatat pada tahun 2010, laba bersih perusahaan penyedia air ini mencapai Rp11.833.645.000 dari penghasilan sebesar Rp114.284.449.000 pada periode yang sama. Oleh karena itu, tidak heran PDAM Delta Tirta Sidoarja mendapat predikat Baik dari Kemendagri dan Sehat dari Kementerian PU untuk kinerjanya.

Selain itu, prestasi PDAM Delta Tirta pun sangat sesuai dengan visinya untuk Menjadi Percontohan Di Tingkat Nasional. Yang telah dibuktikan dengan berbagai Prestasi sebagai berikut:
• Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik tahun 2010 tingkat Jawa Timur
• Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik tahun 2010 tingkat Kabupaten Sidoarjo
• Penghargaan Terbaik Nasional dari USAID dalam pelayanan Sambungan Baru melalui Program Kredit Mikro BRI, tahun 2008
• PDAM terbaik Jawa Timur
• Sebagai Percontohan Nasional berhasil menekan Tingkat Kehilangan Air
• Sebagai Percontohan Nasional dalam Hal Penggalian potensi Swadana Masyarakat untuk Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum
• Percepatan penyehatan PDAM hanya dalam jangka waktu dua tahun mencapai Full Cost Recovery
• Pilot Project Public Private Partnership skala Internasional dan Nasional
• Di Bidang IT, berhasil membangun Program SMART, SIADI, SINTA, SMS CENTER, SOAN, SITIKA, SIKEMANG, CORE, SISFOJAR dan Website dikerjakan oleh karyawan PDAM Sidoarjo.
• Direktur Utama PDAM Delta Tirta dipercaya sebagai Ketua DPD Perpamsi Jawa Timur 2010-2013.

Bahkan di antara BUMD yang lain pun, prestasi PDAM Delta Tirta Sidoarjo tidak dapat dipandang sebelah mata. Seperti dalam ajang BUMD & CEO BUMD Award 2010, PDAM Delta Tirta Sidoarjo memperoleh banyak gelar, yakni:
• CEO BUMD of The Year 2010
• The Best CEO Based on Inner Power 2010
• BUMD Sektoral (PDAM) Terbaik Nasional
• The Best Performance Management System
• Pembina BUMD Terbaik
• The Best Marketing & Customer Satisfaction tahun 2010

Sedangkan penghargaan pada tahun 2011 untuk PDAM Delta Tirta Sidoarjo antara lain:
• Direktur Utama PDAM Delta Tirta Sidoarjo menerima Penghargaan EXECUTIVE & PROFESIONAL ACHIEVEMENT AWARD 2011 dari Yayasan Citra Prestasi Anak Bangsa
• Penghargaan Emas Tokoh Pembangunan Indonesia Tahun 2011 dari Yayasan Anugerah Prestasi Insani
• Penghargaan Zero Accident Tingkat Nasional 2011 dari Kemenaker-Trans RI

Di sisi lain, PDAM Delta Tirta Sidoarjo juga memiliki kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat miskin dan tidak mampu. Karena telah terbukti bahwa masyarakat miskin membayar air untuk keperluan hidupnya dengan harga 15 sampai 20 kali lebih mahal dibandingkan masyarakat kelas menengah ke atas pelanggan PDAM.

Melalui Program Pelayanan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), PDAM Delta Tirta Sidoarjo bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Sasaran yang ingin dicapai adalah masyarakat di lingkungan kumuh perkotaan (slump area), kampung nelayan/pesisir, wilayah rawan air dan wilayah terdampak/sekitar lumpur Sidoarjo.

Saat ini, H Djajadi, SH, MM adalah Direktur Utama PDAM Delta Tirta Sidoarjo. Putra asli Sidoarjo kelahiran 31 Mei 1964 ini mengawali karier dari staf Tata Usaha Bagian Umum sejak April 1984. Karier ayah tiga anak dari pernikahannya dengan Hj Minuk Kusmiati, SPd ini, terus meningkat hingga bulan Juli 2006 diangkat sebagai Direktur Utama Utama PDAM Delta Tirta Sidoarjo. Selain itu, kakek seorang cucu ini aktif sebagai Ketua DPD Perpamsi Jawa Timur Periode 2010 – 2015.

Oleh karena itu, atas kiprah, prestasi dan pencapaiannya, penghargaan Indonesian Inspire Award 2011 untuk kategori “The Best Inspiring Company” diberikan kepada H Djajadi, SH, MM., Direktur Utama PDAM Delta Tirta Sidoarjo. Selamat ……………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s