RS Jasa Kartini Tasikmalaya Terima Penghargaan The Best Inspiring Hospital in Tasikmalaya 2011

Dr. H. Dudun Abdullah
Direktur Rumah Sakit Jasa Kartini Tasikmalaya

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.


Mengantisipasi era globalisasi dengan disetujuinya AFTA tahun 2003, RS Jasa Kartini Tasikmalaya telah mempersiapkan diri dengan baik. Kemungkinan akan banyak berdiri pelayanan-pelayanan kesehatan swasta asing yang jauh merambah hingga ke seluruh pelosok Indonesia dipastikan “meramaikan” layanan kesehatan yang telah ada. Apabila tidak segera diantisipasi, pada akhirnya akan memaksa pelayanan kesehatan nasional gulung tikar karena kalah dalam persaingan. Untuk itu, RS Jasa Kartini Tasikmalaya selaku penyelenggara dan pengelola kesehatan terpanggil untuk berperan serta secara aktif mendukung visi Jawa Barat Sehat 2008 sebagai bagian dari Pembangunan Daerah Jawa Barat.

Yayasan Karsa Abdi Husada didirikan dengan akte tanggal 30 Oktober 1995 no 77 didepan Notaris Suryana, SH yang saat ini berkantor di Jalan Ikik Wiradikarta Belakang No 27 B di Tasikmalaya. Secara historis Yayasan Karsa Abdi Husada tidak lepas dari keberadaan Laboratorium Klinik Budi Kartini sebagai pelopor dibidang pelayanan Laboratorium Klinik Swasta di kota Tasikmalaya.

Pendiri Yayasan Karsa Abdi Husada, H Sachmin Radianto, telah menjalin kerjasama yang baik dengan Yayasan Budi Kartini selama kurang lebih 30 tahun lamanya. Ketika pada tahun 1971, H Sachmin Radianto sebagai seorang Analis Kesehatan, menjalin kerjasama pendirian Laboratorium Klinik di lingkungan Yayasan Budi Kartini, yang sampai sekarang dikenal dengan LABORATORIUM KLINIK BUDI KARTINI sebagai laboratorium klinik swasta pertama di kota Tasikmalaya.

Berawal dari Laboratorium Klinik di Tasikmalaya, dalam perkembangannya telah dibuka beberapa Laboratorium Klinik di berbagai kota di Jawa Barat seperti di Banjar, Ciamis, Subang dan Bandung. Kini pelayanannya di Tasikmalaya telah berkembang dengan diprakarsai berdirinya Rumah Sakit Umum Swasta yaitu Rumah Sakit Umum Swasta Jasa Kartini yang berlokasi di Jalan Otto Iskandar Dinata No 15 Tasikmalaya.

Rumah Sakit Jasa Kartini dibangun mulai April 1996 dan mulai memberikan pelayanan kepada masyarakat tanggal 9 Maret 1998. Akhir tahun 2003 lembaga kepemilikan Rumah Sakit Jasa Kartini diubah dari Yayasan menjadi Perseroan Terbatas dengan nama PT Karsa Abdi Husada. Diharapkan dengan perubahan lembaga kepemilikan ini bisa meningkatkan kinerja Rumah Sakit Jasa Kartini sebagai sebuah badan usaha yang bermotif laba dengan tetap memperhatikan prinsip kemanusiaan dan mampu meningkatkan tanggung jawab sosial kepada masyarakat pengguna jasanya.

Rumah Sakit Jasa Kartini mulai melakukan pelayanan kepada masyarakat Tasikmalaya pada bulan Mei 1998, terdorong oleh adanya wabah demam berdarah yang berjangkit di Tasikmalaya. Sejak saat itu jumlah tempat tidur rawat inap rumahsakit terus bertambah dari waktu ke waktu seiring dengan peningkatan animo masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang bermutu. Dari 4 tempat tidur diawal 1998 hingga 64 tempat tidur dengan BOR rata-rata 70% diakhir 2001. Memasuki 2002 Rumahsakit Jasa Kartini mampu memberikan pelayanan rawat inap, rawat jalan, rawat darurat serta penunjang medik dan non medik. Tahun 2003 Rumahsakit Jasa Kartini mampu menambah fasilitas hingga 82 tempat tidur, dengan penambahan fasilitas rawat intensif, Obgin, serta rawat jalan spesialis yang dapat dikunjungi setiap hari.

Pada tahun 2004 kapasitas rawat inap rumahsakit Jasa Kartini bertambah menjadi 89 tempat tidur dengan pelayanan kelas VIP, utama, I, II, dan III. Dan pada tahun 2006 kapasitas rawat inap rumahsakit Jasa Kartini bertambah menjadi 104 tempat tidur dengan pelayanan kelas VIP, Utama, I-Plus, I-A, I-B, II dan III. Dalam rencana induk Rumah Sakit lima tahun kedepan diharapkan perkembangan Rumah Sakit Jasa Kartini mampu mencapai Rumah Sakit dengan kapasitas 150 tempat tidur atau tipe Madya untuk Rumah Sakit swasta atau tipe C untuk RSUD. Rencana Induk ini dilaksanakan secara bertahap. Tahap pertama Rumah Sakit dengan 50 tempat tidur, tahap kedua 100 tempat tidur dan ketiga 150 tempat tidur.

Visi Rumah Sakit Jasa Kartini Tasikmalaya
“Menjadi Rumah Sakit kebanggaan masyarakat kota Tasikmalaya dan sekitarnya”

Misi Rumah Sakit Jasa Kartini Tasikmalaya
“Memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu bagi penyedia dan pengguna jasa pelayanan kesehatan dengan mengedepankan profesionalisme yang dilandasi nilai-nilai kemanusiaan yang berorientasi pada kepuasan pelanggan”

Motto Rumah Sakit Jasa Kartini Tasikmalaya
“CARE: Credible, Accessible, Reliable, Excellent”

Falsafah Rumah Sakit Jasa Kartini Tasikmalaya
“Menjunjung Tinggi Kemanusiaan yang dilandasi Norma Agama”

Atas kerja keras, prestasi dan pencapaian yang sangat inspiratif tersebut, penghargaan Indonesian Inspire Award 2011 Kategori “The Best Inspiring Hospital in Tasikmalaya” dipersembahkan kepada Dr. H. Dudun Abdullah, Direktur Rumah Sakit Jasa Kartini Tasikmalaya. Selamat dan sukses……………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s