Penghargaan The Best Inspiring Company Untuk BKI

Captain Purnama S.M, MM
Direktur Utama PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.


PT. Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) didirikan pada tanggal 1 Juli 1964, adalah merupakan satu-satunya badan klasifikasi nasional yang ditugaskan oleh pemerintah RI. Untuk mengkelaskan kapal niaga berbendera Indonesia dan kapal berbendera asing yang secara reguler beroperasi di perairan Indonesia.
Kegiatan klasifikasi itu sendiri adalah merupakan pengklasifikasian kapal berdasar konstruksi lambung, mesin dan listrik kapal dengan tujuan memberikan penilaian atas laik tidaknya kapal tersebut untuk berlayar.
Menyadari akan kondisi alam Indonesia yang terdiri dari beribu-ribu pulau dengan area teritori laut yang sangat luas dimana hal tersebut menjadikan sarana perhubungan laut berupa kapal, merupakan sarana terpenting yang harus dikelola maka diperlukan pemeriksaan yang teliti, teratur dan sistematis terhadap kondisi kapal agar terjaga keselamatan benda dan jiwa di laut.
Berdasarkan kondisi tersebut serta didorong oleh kesadaran nasional dan hasrat untuk memiliki badan klasifikasi nasional yang pada gilirannya akan membuka kesempatan bagi tenaga-tenaga ahli perkapalan bangsa sendiri, maka pada tahun 1964 Pemerintah mendirikan PN. Biro Klasifikasi Indonesia.
BKI adalah organisasi yang dibentuk dan menerapkan standar teknik dalam melakukan kegiatan desain, konstruksi dan survey marine terkait dengan fasilitas terapung, termasuk kapal dan konstruksi offshore. Standar ini disusun dan dikeluarkan oleh BKI sebagai publikasi teknik. Suatu kapal yang didesain dan dibangun berdasarkan standar BKI, maka akan mendapatkan Sertifikat Klasifikasi dari BKI. BKI akan menerbitkan ini setelah melakukan survey klasifikasi yang dipersyaratkan.
Sebagai Badan Klasifikasi yang independen dan mengatur diri sendiri, BKI tidak memiliki interes terhadap aspek komersial terkait dengan desain kapal, pembangunan kapal, kepemilikan kapal, operasional kapal, manajemen kapal, perawatan/perbaikan kapal, asuransi atau pencharteran.
BKI juga melakukan penelitian dan pengembangan dalam rangka peningkatan mutu dan standar teknik yang dipublikasikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan dengan jasa klasifikasi kapal.
Selain melakukan pengklasifikasian kapal, BKI juga dipercaya oleh Pemerintah untuk melaksanakan survey & sertifikasi statutoria atas nama Pemerintah Republik Indonesia, antara lain Load Line, ISM Code dan ISPS Code (lihat Activities).
Melihat peningkatan kegiatan dan perkembangan serta prospek usaha yang cukup cerah maka untuk lebih meningkatkan kemandirian usaha, sejak tahun 1977 peraturan pemerintah (PP) No. 1 PN. Biro Klasifikasi Indonesia, diubah statusnya menjadi PT. (Persero). Saat ini selain kegiatan usaha Klasifikasi, BKI juga mengembangkan kegiatannya di bidang jasa Konsultansi dan Supervisi.
Moto Perusahaan
Dalam memberikan pelayanan jasa BKI senantiasa berdedikasi untuk mewujudkan bahwa jasa yang diberikan dapat dipercaya, sehingga BKI memiliki motto yaitu: “TERPERCAYA”. Maksud dari motto “TERPERCAYA” tersebut adalah:
• Mutu jasa yang diberikan oleh perusahaan benar-benar berkualitas tinggi, dilaksanakan secara efisien dan tepat waktu.
• Setiap pegawai perusahaan memiliki kualifikasi yang dapat diandalkan pada masing-masing bidang tugas/profesinya.
• Nama BKI dijadikan merek dagang / trade mark yang bermakna produk unggulan.
Visi Perusahaan
Menjadikan BKI sebagai perusahaan jasa teknik yang terpercaya dan terbaik dan segi kualitas produk, kualitas sumber daya manusia dan kinerja perusahaan
Misi Perusahaan
• Mengutamakan terjaminnya keselamatan jiwa dan benda di laut serta perlindungan lingkungan melalui pengembarigan dan pemeniksaan standar kapal serta fasilitas terkait lainnya
• Pengelolaan perusahaan secara efektif dan efisien dengan menerapkan Tata Kelola Perusahan dengan Baik
• Membentuk citra perusahaan bahwa jasa BKI dibutuhkan dan menjadi standar keselamatan dan kualitas
• Memberikan kesempatan kepada para tenaga ahli kelautan nasional untuk berpantisipasi melalui pengembangan pengetahuan serta penerapannya
• Membantu peningkatan pendapatan negara baik dalam bentuk rupiah maupun valuta asing
Kebijakan Mutu Perusahaan
Sebagai perusahaan yang menerapkan sistem manajemen mutu berdasarkan ISO 9001:2008, BKI memiliki komitmen untuk memberikan kepuasan kepada pemakai jasa (customer satisfaction) dan terus melakukan penyempurnaan (Continuous Improvement).
Kebijakan Mutu Perusahaan secara keseluruhan adalah:
“Mengutamakan pelayanan jasa bagi para pengguna jasa berdasarkan kepedulian yang tinggi terhadap masalah Keselamatan dan Mutu”
Atas eksistensi selama perjalanan panjang mengarungi samudera usaha, pencapaian serta prestasi yang telah dicapai, penghargaan Indonesian Inspire Award 2011 Kategori “The Best Inspiring Company” dipersembahkan kepada Captain Purnama S.M, MM., Direktur Utama PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero). Selamat dan sukses….
PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero)
Jl. Yos Sudarso 38-39-40 Tanjung Priok, Jakarta – 14320
Phone : 62-21-4301017-18-19, 4301703, 430099, 4353291-92,
Fax : 62-21-4301702
Email :: bkitp@klasifikasiindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s