Gelar “The Inspiring Hospital 2011” Untuk RS Undaan Wetan Surabaya

Dr. Edhy Listiyo, MARS, Q.I.A
Direktur RS Undaan Wetan Surabaya

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.


Dr. Edhy Listiyo, MARS, Q.I.A lahir di Majenang, Cilacap tanggal 13 Maret 1945. Menyandang gelar Dokter Umum pada tanggal 17 Februari 1984 dari Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti Jakarta. Ia bergabung dengan RS Adi Husada dalam rangka menjalankan Wajib Kerja Sarjana setelah keluar rekomendasi dari Kepala Kantor Wilayah Departemen Kesehatan tentang persetujuan penempatan di Jawa Timur. Sebelum bergabung dengan RS Adi Husada telah aktif dengan membantu praktek pada beberapa klinik dan perusahaan di wilayah Jakarta dan Magelang.

Tanggal 1 November 1984, berdasarkan Keputusan Menkes RI No:32684/B.Pers/94/PWK1984 tertanggal 6 Oktober 1984 menyetujui penempatan tenaga dokter dalam rangka menjalankan wajib kerja sarjana tidak sebagai pegawai negeri, ia ditempatkan pada RS Adi Husada unit satelit Jalan Gula Surabaya dan diangkat sebagai Kepala Bagian BPU Jl Gula Surabaya pada tanggal 1 Januari 1986.

Atas permintaan sendiri, terhitung sejak 5 Januari 1987, ia bertugas sebagai Dokter Klinik Jantung RS Adi Husada Undaan Wetan, Surabaya. Ia juga sempat menjalani penataran di RSUD Dr. Soetomo – UPF Kardiologi selama tiga bulan. Tanggal 20 Februari 1988, Dr. Edhy dinyatakan telah menyelesaikan Wajib Kerja Sarjana dan disetujui untuk tetap bekerja sebagai dokter tetap RS Adi Husada sesuai Surat Departemen Kesehatan Pusat No:5118/B.Pers/1257/SU-I/1988.

Dr. Edhy sempat memberikan bimbingan kepada mahasiswa tingkat akhir AKPER dalam pembuatan karya tulis ilmiah khususnya bidang Ilmu Penyakit Dalam RS Adi Husada Undaan Wetan. Ia juga diangkat sebagai Kepala Seksi Klinik Penyakit Jantung RS Adi Husada Undaan Wetan yang kemudian meningkat menjadi Pejabat Kepala Bidang Penunjang Medis RS Adi Husada Undaan Wetan. Sebanyak empat kali berturut-turut, Dr. Edhy mendapatkan penghargaan dari RS Adi Husada karena telah bekerja selama 6 (enam) tahun terus menerus, yakni pada 15 Oktober 1990, 15 Oktober 1996, 14 Oktober 2002 dan 27 Oktober 2008.

Dr. Edhy masuk ke jajaran top manajemen sejak tanggal 10 November 1995 dengan menduduki posisi sebagai Pejabat Sementara Wadir Medik RS Adi Husada Undaan Wetan. Ia dikukuhkan sebagai Wakil Direktur Medik RS Adi Husada Undaan Wetan satu tahun kemudian. Tanggal 16 April 1997, ia diangkat sebagai Pejabat Wadir dan tanggal 16 Juli 1999, berdasarkan Keputusan Ketua Perkumpulan diangkat kembali sebagai Wadir Umum & Keuangan RS Adi Husada Undaan Wetan.

Berhasil menyelesaikan program S2 Magister Administrasi Rumah Sakit (MARS) di Universitas Airlangga pada tanggal 30 September 1999, karier ayah dua anak dan kakek seorang cucu ini terus berkembang. Tanggal 1 January 2004, sesuai dengan Struktur Organisasi yang baru, Dr. Edhy diangkat sebagai Direktur RS Adi Husada Undaan Wetan.

Tanggal 1 Desember 2005, Dr. Edhy diangkat kembali sebagai Direktur RS Adi Husada Undaan Wetan hingga 30 November 2008 dan berlanjut pengangkatannya kembali sebagai Direktur pada tanggal 1 Desember 2008 hingga November 2011. Ia juga mendapat Brevet Mediator dari Mahkamah Agung RI serta memperoleh Penghargaan dari Perkumpulan Adi Husada atas pengabdian terus menerus selama 25 (dua puluh lima) tahun pada tanggal 25 November 2009. Berlanjut pada tahun 2010, ia memperoleh Brevet Qualified Internal Auditor (QIA) dari Institut Pendidikan dan Pelatihan Audit Manajemen.

Selain itu, Dr. Edhy juga aktif mengikuti seminar kesehatan baik di dalam maupun luar negeri seperti China, Taiwan, Singapura, Malaysia, Thailand dan Filipina. Ia kerapkali diundang sebagai pembicara tentang kesehatan, manajemen rumah sakit, strategi dan lain-lain. Kegiatan lain pria energik ini adalah sebagai Penasehat McCare di Hong Kong, Executive Council Member of Speciality Committee of Chinese Characteristic Diagnosis and Treatment of World Federation of Chinese Medicine Societies dan Kepala Klinik Yayasan Sumber Mulia Jawa Timur.

Dr. Edhy adalah seorang tokoh kesehatan yang sangat disegani dan berpengaruh di Jawa Timur. Karena selain jabatan Direktur RS Adi Husada Undaan Wetan, Surabaya, ia adalah Ketua I Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia Jawa Timur, Ketua Asosiasi Rumah Sakit Swasta Jawa Timur, Wakil Ketua Perhimpunan Persahabatan Indonesia Tiongkok Jawa Timur, Pengurus IDI Jawa Timur dan Penasehat Ikatan Naturopati Indonesia Jawa Timur.

Atas prestasi, pencapain dan kerja kerasnya selama ini, penghargaan Indonesian Inspire Award 2011, Kategori “The Inspiring Hospital 2011” dipersembahkan kepada Dr. Edhy Listiyo, MARS, Q.I.A., Direktur RS Undaan Wetan Surabaya. Selamat dan sukses…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s