Penghargaan “The Best Agro Business Company” PT. TANIA SELATAN (WILMAR GROUP)

Mr Goh Ing Sing
Presiden Direktur PT. TANIA SELATAN (WILMAR GROUP)

Wilmar bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit di Indonesia dan Malaysia. Di Indonesia, perkebunan WIlmar terletak di Sumatera, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah (wilayah selatan). Sementara lokasi perkebunan  di Malaysia terletak di negara bagian Sabah dan Sarawak.

Pada tanggal 31 Mei 2012, perusahaan memiliki total area perkebunan lebih dari 246.000 hektar. Saat ini, Wilmar bermaksud untuk mengembangkan bisnis perkebunan melalui proyek dan akuisisi untuk menekan permintaan kelapa sawit. Perusahaan memiliki pabrik kelapa sawit untuk memproses buah-buahan hasil perkebunan sendiri dan perkebunan-perkebunan di sekitarnya menjadi minyak sawit mentah dan plasma sawit.

Selain memegang hak atas tanah untuk lahan perkebunan, Wilmar mengelola sekitar 39.000 hektar perkebunan kelapa sawit di bawah Skema Plasma di Indonesia, yang merupakan program untuk pengembangan perkebunan kelapa sawit bagi pemilik tanah kecil oleh pengembang perkebunan.

Wilmar berkomitmen untuk membeli semua buah-buahan yang dihasilkan oleh perkebunan pemilik lahan kecil. Perkebunan Wilmar beserta proses penggilingan yang dikelola memegang teguh atas prinsip dan kriteria Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO dan ISCC) yang merupakan peserta aktif dari Program Plasma di Indonesia.

Bersama International Wilmar telah mendapat 14 tempat RSPO bersertifikat dengan 550.660 ton dari CSPO membuat perusahaan dinobatkan sebagai yang terbesar kedua RSPO produsen minyak di dunia. Dari saat kecambah ditanam sebagai bibit menghabiskan sekitar satu tahun di persemaian sebelum dipindahkan ke ladang. Di sini, tanaman muda ditanam dengan jarak sekitar sembilan meter terpisah mengakibatkan 128-140 pohon per hektar.

Kelapa sawit umumnya mulai menghasilkan buah 30 bulan setelah ditanam di sawah dan panen komersial dimulai enam bulan kemudian. Namun, hasil dari kelapa sawit relatif rendah pada tahap ini. Ketika kelapa sawit tumbuh dewasa, peningkatan hasil akan mencapai puncak produksi pada tahun-tahun tujuh sampai 18. Dan mulai menurun secara bertahap setelah 18 tahun.

Kelapa sawit menguntungkan secara ekonomis sampai usia 25 tahun dan setelah itu tidak layak secara komersial. Kelapa sawit sepenuhnya dewasa menghasilkan 18 sampai 30 ton tandan buah segar (TBS) per hektar. Meskipun demikian, hasil ini sangat tergantung pada berbagai faktor, termasuk usia, kualitas benih, tanah dan kondisi iklim, kualitas manajemen perkebunan dan pemanenan tepat waktu dan pengolahan TBS.

Faktor kematangan TBS saat panen sangat penting dalam memaksimalkan kualitas dan kuantitas minyak sawit sewaktu diekstraksi. Buah yang dipanen harus diproses dalam waktu 24 jam untuk meminimalkan penumpukan asam lemak. Perusahaan telah membangun tim yang kuat sejak tingkatan manajer hingga staf yang dikhususkan untuk tujuan umum untuk mencapai standar tertinggi bagi usaha perkebunan.

Wilmar berkomitmen untuk penggunaan manajemen terbaik, yang meliputi pengolahan lahan yang baik, standar panen tepat waktu serta pemberian pupuk untuk mengoptimalkan hasil panen. Tidak lupa, Wilmar International Ltd, juga memiliki kebijakan tanggung jawab sosial (CSR) perusahaan dengan prosedur yang ketat untuk memastikan bahwa perkebunan dikembangkan dalam suatu lingkungan yang baik dan dapat dipertanggunjawabkan.

Saat ini, Wimar International Ltd, dipimpin oleh Mr Goh Ing Sing selaku Kepala Divisi Perkebunan. Mr Goh diangkat sebagai Kepala Divisi Perkebunan sejak bulan Juli 2008 dan telah menjabat sebagai Kepala Perkebunan Indonesia sejak tahun 1992. Ia pernah memegang berbagai jabatan manajerial di perusahaan perkebunan pada kurun waktu antara tahun 1976-1992. Ia menerima Master Executive of Business Administration dan Bachelor of Business Administration dari Preston University, USA dan gelar Bachelor of Science (Honours) dari Universtiy New South Wales.

Atas prestasi, komitmen, kerja keras dan pencapaiannya selama ini, penghargaan Indonesian Business Award 2012 Kategori “The Best Agro Business Company” dipersembahkan kepada PT. TANIA SELATAN (WILMAR GROUP) dan Mr Goh Ing Sing selaku Presiden Direktur. Selamat dan sukses………

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s